BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Cegah Persoalan Sampah Ganggu Kamtibmas, Polda Bali Gelar FGD

banner 120x600

(foto : ist) FGD terkait permasalahan sampah.
DENPASAR – Mengantisipasi timbunan sampah yang bisa menggangu kamtibas di Bali, Subdit III Direktorat Intelkam Polda Bali menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan sejumlah intansi terkait, akademisi, tokoh masyarakat, TNI dan Kejaksaan di Denpasar.
“Kita membicarakan sampah tapi bukan sampah yang dibicarakan, namun solusinya. Sampah tidak bisa dihentikan semasih adanya kehidupan. Melalui forum ini akan dibahas bagaimana cara mengantisipasi konflik yang terjadi berkaitan dengan sampah dari berbagai sudut pandang,” kata Wadir Intelkam Polda Bali, AKBP Dwi Wahyudi, SIK saat membuka kegiatan diskusi FGD, Kamis (5/12/2019).
“Kami berharap dari hasil diskusi hari ini mampu memberikan sumbangsih kepada pemerintah dan permasalahan tidak berlarut-larut. Bali sebagai barometer Pariwisata malu kalau banyak sampah,” lanjutnya.
Dikatakan Wahyudi, maksud dan tujuan kegiatan adalah untuk menyamakan persepsi dalam penanganan sampah guna mewujudkan Bali yang bersih dan nyaman serta mencegah terjadinya konflik sosial di masyarakat.
“Untuk itu, atas nama pimpinan Polda Bali, kami meminta masukan dari hadiran untuk bertukar pikiran tentang penanganan sampah di Bali,” ujarnya.
Sementara Kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali, I Made Teja mengatakan, dengan penduduk Bali 4,3 juta jiwa dan 15 juta wisatawan, permasalahan sampah baru dirasakan.
Kondisi riil saat ini, di TPA Suwung dan TPA di kewilayahan sering terjadi kebakaran di musim kemarau.
“Karena TPA Suwung masih bermasalah, maka pengelolaan sampah sementara diserahkan kepada masing-masing Kabupaten,” jelas Made Teja.
Dijelaskannya, sampah yang masuk ke TPA Suwung sebagian besar adalah sampah rumah tangga dan harus dilakukan penggolahan secara maksimal.
“Pemerintah tidak ada perintah untuk menutup TPA tapi pengelolaan akan dikendalikan,” sebutnya.
Ditambahkan, Dinas Lingkungan Hidup akan melaksanakan proses lelang dengan syarat Pemerintahan Kabupaten/Kota mengikuti intruksi Provinsi.
“Tanggal sembilan ini, kita akan lelang tender untuk kelola sampah dua ribu ton per hari. Sementara pendaftaran peserta tender mulai tanggal 12 sampai 20 Desember,” jelasnya.
Patut disimak, permasalahan sampah di Bali kian mengkhawatirkan. Timbunan sampah di Bali mencapai 4.281 ton per hari. Sementara penanganan sampah dengan baik baru 2.061 ton per hari atau 48 persen.
Sementara sampah yang belum ditangani dengan baik sebesar 2220 ton per hari. Dengan rincian; dibakar 19 persen, dibuang ke lingkungan 22 persen dan dibuang ke saluran air 11 persen. (awd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *