BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

DJP Bali Siapkan 207 Relawan Bantu Asistensi Wajib Pajak Melaporkan SPT Tahunan dan Pemadanan NIK-NPWP

whatsapp image 2023 02 17 at 14.18.07
Para relawan pajak yang merupakan mitra tax center Kanwil DJP Bali. (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Kanwil DJP Bali telah melakukan penyerahan relawan pajak secara virtual kepada 7 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan 4 Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) yang berada di lingkungan Kanwil DJP Bali, Jumat (17/2/2023).

Relawan Pajak berjumlah  207 mahasiswa yang berasal dari 7 perguruan tinggi yang merupakan mitra tax center Kanwil DJP Bali antara lain Politeknik Negeri Bali, Universitas Hindu Indonesia, Universitas Warmadewa, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Dhyana Pura, Universitas Pendidikan Nasional, dan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun 2022 yang diikuti oleh 197 mahasiswa.

Para relawan ini kelak akan ditugaskan untuk membantu memberikan asistensi para wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan secara daring melalui situs pajak.go.id sejak tangggal 20 Februari s.d. 31 Maret 2023. Pada tahun 2023 ini relawan pajak juga akan memberikan asistensi kepada wajib pajak yang akan melakukan pemadanan NIK dan NPWP.

Dalam acara penyerahan relawan pajak, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Waskito Eko Nugroho yang pada kesempatan ini mewakili Kepala Kanwil DJP Bali menyatakan apresiasi sebesar-besarnya terhadap para relawan dan tax center organisasi mitra Kanwil DJP Bali.

“Semoga relawan pajak ini dapat memberikan manfaat baik kepada wajib pajak maupun kepada DJP nantinya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Waskito menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendukung penerimaan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. Berdasarkan data kinerja tahun 2022, SPT Tahunan \yang telah disampaikan wajib pajak di Kanwil DJP Bali adalah sebanyak 344.892 atau sebesar 104,45% dari target total wajib pajak wajib SPT sebanyak 330.199. Penyampaian SPT tersebut tentu tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk para relawan pajak dan tax center mitra yang telah melayani wajib pajak dalam kegiatan pendampingan/asistensi.

”Saya berharap relawan pajak tahun ini dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar menambah ilmu sebanyak mungkin di unit kerja nanti, berikan layanan dengan sepenuh hati dan selalu jaga integritas,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Waskito juga menyampaikan bahwa relawan pajak ikut berperan dalam mewujudkan warga negara yang baik, patuh dan taat pajak. Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun perguruan tinggi, serta mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan memberikan pengalaman yang tak ternilai harganya.

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memiliki pekerjaan rumah penting dalam meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak. Dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut, DJP membuat program relawan pajak yang berjalan selama 5 tahun terakhir sejak tahun 2017.

Kegiatan relawan pajak ini menggandeng Tax Center pada perguruan tinggi yang sudah bekerja sama dengan Kantor Wilayah (Kanwil) di seluruh Indonesia. Selain itu, kegiatan relawan pajak mendorong dan mengajak peran Perguruan Tinggi dalam meningkatkan kesadaran pajak. (*/yak)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *