BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Dubai Berencana Bakal Membangun Pertanian Vertikal Terbesar di Dunia

Dubai Berencana Bakal Membangun Pertanian Vertikal Terbesar di Dunia
banner 120x600

Masalah keamanan pangan di dunia dipengaruhi oleh berkurangnya kuantitas air yang digunakan untuk menyiram tanaman. Apabila tidak ada air, tanaman – sebagai salah satu sumber pangan – tidak dapat tumbuh dengan sempurna.
Sebuah laporan mengatakan bahwa Uni Emirat Arab sedang mengalami krisis air. Sebelumnya, negara Kuwait di Timur Tengah juga mengalaminya. Alhasil, tumbuhan pun tidak mampu berkembang.
Namun saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi, tumbuhan tetap bisa hidup walaupun tidak mendapatkan suplai air yang banyak. Teknologi ini dikenal sebagai pertanian vertikal.
Dubai pun menjadi salah satu negara yang bakal mengadaptasi gaya pertanian ini. Tak tanggung-tanggung, negara ini bakal membangun pertanian vertikal terbesar di dunia.  Hasil-hasil pertanian tersebut nantinya akan mengisi stok berbagai produk makanan untuk penerbangan.
Sebuah fasilitas seluas 130.000 kaki persegi akan dibangun pada bulan November 2018 mendatang. Proyek gabungan dua perusahaan, Crop One Holdings dan Emirates Flight Catering itu diberitakan menelan dana sebesar US$40 juta dolar. Emirates Flight Catering adalah perusahaan yang memasok sekitar 225.000 makanan per hari dari bandara Dubai.
Emirates dan Crop One mengatakan bahwa fasilitas ini akan menghemat air sampai 99 persen daripada lahan luar ruangan. Diharapkan dengan adanya pertanian vertikal ini, 6.000 pon sayuran hijau bisa dipanen setiap hari. Sayuran tersebut nantinya dapat ditemui dalam penerbangan dan ruang tunggu bandara pada Desember tahun depan.
Dalam prosesnya, tanaman mampu bertahan hidup dengan sokongan larutan nutrisi yang ditambahkan sebagai pengganti tanah. Sedangkan suhu dan kelembaban dikontrol secara ketat dalam wadah modular untuk hasil maksimum. Sementara itu alih-alih memanfaatkan matahari, lampu LED pun dipasang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *