BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Jembrana Satu-satunya Kabupaten di Bali Beri Jaminan Sosial Bagi Para Pekerja Rentan

whatsapp image 2023 03 09 at 18.04.27
(Kanan) Bupati Jembrana I Nengah Tamba. (foto/ist)
banner 120x600

JEMBRANA (terasbalinews.com). Penandatanganan kerjasama antara Kepala Desa dengan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali yang disaksikan langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Deputi Direktur BPJS ketenagakerjaan Wilayah  Nusa Tenggara dan Papua perihal jaminan sosial bagi pekerja rentan pada Rabu (8/3/2023), di Gedung Sentra Tenun, Jembrana. Hal tersebut menjadikan Kabupaten Jembrana sebagai satu-satunya kabupaten pertama di Bali yang memberikan jaminan sosial bagi pekerja rentan.

Adapun jumlah pekerja rentan yang di cover setiap desanya berjumlah  10 orang pekerja rentan di 41 desa dengan keseluruhan total 410 orang pekerja rentan.  Kategori Pekerja rentan meliputi Nelayan, Petani, Tukang Ojek, Buruh Harian, Tukang Kayu Mandiri, Tukang Batu Mandiri, Pedagang kaki lima dan Pekerja lainnya yang tidak penerima upah dari Perusahaan/Tempatnya bekerja.

Perjanjian Kerja Sama ini, kata Bupati Tamba sesuai apa yang menjadi  visi misi Bupati dan Wakil Bupati untuk mengintervensi tenaga kerja yang rentan mendapatkan perlindungan

“Kita sediakan satu desa 10 tenaga kerja dengan angsuran Rp 16.800/orang tiap bulan selama satu tahun.  Ini akan kita tingkatkan lagi bila mana kondisi keuangan kita akan lebih bagus. Setidaknya kita sudah berbuat  satu satu wilayah sebagai contoh di provinsi Bali Jembrana satu satunyasatunya, ” ungkap Bupati Tamba.

Sementara, Kepala BP Jamsostek Cabang Bali Denpasar, Opik Taufik membenarkan bahwa kabupaten Jembrana merupakan satu-satunya kabupaten yang pertama kali Bali dalam memberikan perlindungan kepada tenaga kerja rentan.

“Ini dicanangkan pertama kali di kabupaten yang dibiayai oleh pemerintah Daerah, Jembrana yang pertama.  Dengan harapan perlindungan ini program nya adalah satu desa 100 pekerja rentan, kami sangat memahami bahwa pemerintah daerah sudah sangat berusaha sekuat tenaga bahwa harus ada masyarakat desa harus ada yang memberikan perlindungan. Maka dengan program Bupati yang sangat luar biasa ini  mudah-mudahan kedepannya terus bertambah.  Desa harus makin banyak melindungi masyarakatnya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya mengungkapkan bahwa program ini menjadi pilot project untuk kabupaten lainnya.

“Ini akan menjadi percontohan untuk kabupaten-kabupaten lainnya, dan ini juga sudah menjadi program nasional.  untuk di bali  ini termasuk pemerintah daerah melalui anggaran APBD yang memberikan penganggaran untuk masyarakat desanya,” tegasnya.

Hal senada di sampaikan Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah  Nusa Tenggara Papua, Kuncoro Budi Winarno, bahwa Kebupaten Jembrana satu-satunya  kabupaten di Bali yang pertama kali dalam menjalankan program perlindungan kepada masyarakatnya.

“Ini merupakan program yang sangat mulia karena memiliki resiko kerja yang sama, pemerintah harus hadir memberikan perlindungan. Kami sangat mengapresiasi apa yang sudah di fokuskan dan di bijaksanai oleh Bapak Bupati Jembrana dengan memberikan perlindungan kepada pekerja rentan di seluruh desa yang ada di kabupaten Jembrana.  Semoga perlindungan ini dapat diteruskan dan di tingkatkan,” tandasnya. (*/gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *