BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

LSPR Edukasi “Desa Wisata” SDM Desa Pupuan

whatsapp image 2023 02 07 at 09.45.46
Pengabdian LSPR di desa Pupuan, Gianyar. (foto/ist)
banner 120x600

GIANYAR (terasbalinews.com). Sebagai salah satu upaya mewujudkan Program Kampus Merdeka di bidang Pengabdian Masyarakat, kelompok Dosen di LSPR Bali kembali memberikan edukasi kepada SDM di Desa Pupuan, Tegallalang, Gianyar. Desa Pupuan telah ditetapkan menjadi Desa Wisata sejak bulan September tahun 2021.

Desa Wisata Pupuan dikenal sebagai salah satu “Oksigen dari Pulau Bali” dengan potensi alamnya yang luar biasa.
Demikian juga dengan peninggalan arkeologi, kehidupan sosial masyarakat dan budaya yang berkembang, akan memberikan nuansa tersendiri bagi setiap orang yang berkunjung ke Desa Wisata Pupuan.

“Oleh sebab itu, LSPR kembali hadir untuk memberikan pelatihan kepada SDM Desa Pupuan khususnya para pelaku dan pemandu wisata dengan topik “Strategi Komunikasi untuk Pemandu Wisata,” sebut Yackie, selaku ketua kelompok dosen LSPR, Kamis (2/2/2023)

Pelatihan yang dilakukan oleh kelompok Dosen LSPR Bali yang diketuai Yackie, SE, M.I.Kom beserta para anggota Dosen yang meliputi Lucky M. Kharisma, M.Si, Kadek Dyah Pradnya Paramitha, M.Pd, A A Istri Putri Dwijayanti, M.Ikom, serta melibatkan satu orang mahasiswi aktif di LSPR Bali. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diawali dengan penyampaian tujuan dan harapan pelatihan oleh Bapak Yackie selaku Ketua Pengabdian Masyarakat yang mengatakan bahwa

“Tujuan dari pengabdian masyarakat kali ini adalah untuk memberikan pelatihan secara spesifik tentang strategi komunikasi guide dan Bahasa inggris terhadap pelaku wisata salah satunya pemandu wisata yang menjadi gerbang utama untuk menyambut para wisatawan datang ke Desa Pupuan. Sehingga nantinya kami berharap edukasi yang diberikan dapat diimplementasikan langsung sesuai kebutuhan Desa,” imbuh Yackie. Melalui pelatihan yang diikuti oleh kurang lebih 20 peserta ini, LSPR Bali berharap potensi alam Desa Pupuan yang besar dapat diimbangi dengan kualitas SDM nya yang tinggi, sambungnya.

Pelatihan ini juga mendapatkan respon baik dari pihak Desa Pupuan, apalagi pelatihan ini mendatangkan expertise di bidangnya untuk mengisi materi, diantaranya Dr. I Nyoman Kandia, M.Ag., yang merupakan senior guide dan ketua Desa Wisata Nusantara (DEWISNU) Foundation yang memberikan pelatihan mengenai Strategi Komunikasi Guide dan materi terkait Bahasa Inggris disampaikan oleh salah satu dosen LSPR Bali yakni Ni Putu Dwi Verayanti, M.Hum., yang juga merupakan Professional MC dan TV Presenter.

“Terimakasih banyak kepada LSPR yang tiada hentinya peduli dengan Desa kami dan memberikan edukasi terbaik agar kualitas SDM kami meningkat sehingga Desa Pupuan bisa semakin maju”, ujar Bapak I Wayan Sumatra selaku Kepala Desa Pupuan, Tegalalang, Gianyar. (*/yak)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *