BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Menaker – Meningkat 69,20 Persen Partisipasi Angkatan Kerja Indonesia

Foto - Menaker RI, Hanif Dhakiri.(Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Situasi pasar tenaga kerja Indonesia kini berkembang dengan cara yang positif berkat pembangunan ekonomi. Tingkat partisipasi angkatan kerja kita meningkat menjadi 69,20 persen pada Februari 2018.

Pada saat yang sama, tingkat pengangguran kita sekarang mencapai titik terendah dalam sejarah bangsa kita, yaitu 5,13 persen, dan semoga akan terus turun di masa mendatang.
“Meski demikian tingkat pendidikan angkatan kerja kita masih didominasi oleh pekerja dengan lulusan SMP kebawah sebesar 58,76 persen, terutama di sektor pertanian dan konstruksi, meskipun jumlah pekerja keterampilan menengah dan tinggi terus meningkat sekitar 3 persen setiap tahun selama 4 tahun terakhir,” kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, M. Hanif Dhakiri, Selasa (9/10/2018) di Denpasar.

(Foto/Ist)

Untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja kita papar Menaker, pada dasarnya supply tenaga kerja kita harus selalu selaras dengan demand dari proyeksi pertumbuhan ekonomi dan sektor prioritas yang diputuskan oleh pemerintah.

“Dalam hal kualitas kita harus dapat memastikan supply tenaga kerja berkualitas dengan memaksimalkan informasi pasar tenaga kerja, standar kompetensi kerja, akreditasi, dan sertifikasi,” lanjutnya saat menghadiri Rapat Koordinasi Bidang Pelatihan dan Produktivitas tahun 2018 di Hotel Aston Denpasar.

Menteri Hanif juga mengaku optimis bahwa kita dapat meningkatkan sumber daya manusia di Indonesia untuk menarik lebih banyak investasi.

“Caranya, memperkuat daya saing produk lokal kita dengan menggunakan semua institusi akademik yang ada seperti universitas, kemudian lembaga pendidikan kejuruan seperti SMK, Politeknik, dan lembaga pelatihan kejuruan seperti BLK, dan LPK pemerintah/ swasta/ industri lainnya,” pungkasnya. (agw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *