BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Pemkab Karangasem Tingkatkan Penerimaan Pajak MLBB Terapkan Digitalisasi

whatsapp image 2023 02 15 at 17.50.21 (2)
Kepala kantor Perwakilan Bank Indonesia, Trisno Nugroho bersama Bupati Karangasem, I Gede Dana. (foto/ist)
banner 120x600

KARANGASEM (terasbalinews.com). Pemerintah Kabupaten Karangasem meresmikan dua Pos Gate Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) di Kecamatan Rendang, Karangasem, Selasa (14/2/2023). Pembangunan Pos Gate MBLB ini merupakan realisasi dari empat pos gate yang akan didirikan.

Peresmian Pos Gate MBLB ini dihadiri secara langsung oleh Bupati Karangasem, Ketua DPRD Kabupaten Karangasem, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Sekretaris Daerah Kabupaten Karangasem dan Direktur Utama BPD Bali.

Kepala BPKAD Kabupaten Karangasem, I Wayan Ardika melaporkan bahwa proses digitalisasi pajak MBLB menyempurnakan empat proses bisnis pada pembayaran Pajak MBLB yaitu pada proses administrasi, proses pengawasan, proses pelaporan pajak dan proses pembayaran pajak.

Proses digitalisasi tersebut telah memberikan dampak peningkatan penerimaan Pajak MBLB dari Rp 52 miliar
pada 2021 menjadi Rp 96 miliar pada 2022 atau naik sebesar 85%. Selanjutnya, Bupati Karangasem, I Gede Dana menekankan bahwa penerapan digitalisasi Pajak MBLB akan dilanjutkan dengan membangun dua pos gate pada tahap berikutnya.

Selain itu, implementasi digitalisasi akan diperluas untuk seluruh jenis penerimaan baik pajak maupun retribusi
di Kabupaten Karangasem. Dengan adanya digitalisasi, maka pengelolaan penerimaan pajak dan
retribusi menjadi lebih transparan dan pada akhirnya akan meningkatkan Penerimaan Asli Daerah
(PAD).

Dalam kesempatan ini, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, menyampaikan bahwa agar digitalisasi memberikan dampak yang lebih optimal, penerapan digitalisasi perlu diimplementasikan secara Konsisten, Inovasi dan Sinergi (KIS).

“Pertama, proses digitalisasi harus dilakukan secara konsisten agar setiap kekurangan pada sitem pembayaran saat ini dapat segera disempurnakan,’ kata Trisno Nugroho. Kedua, setiap proses digitalisasi harus memiliki suatu inovasi untuk menjadi terobosan dalam menyelesaikan tantangan digitalisasi di daerah. Ketiga, Pemerintah Kabupaten Karangasem, Bank Indonesia dan BPD Bali harus terus bersinergi untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi menuju Karangasem Era Baru, sambungnya. (tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *