BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Peringati Hari Pers Nasional, PWI Bali Bawa Pesan Ciptakan Pers yang Sehat

Puncak peringatan Hari Pers Nasional PWI Bali di Kabupaten Jembrana (foto/tbn)
banner 120x600

JEMBRANA (terasbalinews.com). Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 Tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Kabupaten Jembrana berlangsung meriah. Bertempat di Wantilan Pura Jagatnatha Jembrana, Jumat (5/5/2023), peringatan HPN Bali dihadiri Gubernur Bali yang diwakili Asisten 1 Setda Provinsi Bali, Dewa Gde Mahendra Putra, Kapolda Bali yang diwakili Kabid Humas Polda Bali, Danrem 163/Wirasatya yang diwakili Dandim Jembrana, Bupati Jembrana yang diwakili Sekda Jembrana dan perwakilan bupati/wali kota se-Bali.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada beberapa tokoh penting di Bali terkait sumbangsihnya dalam memajukan pers dan meningkatkan kompetensi wartawan di Bali.

Ketua PWI Provinsi Bali, IGMB Dwikora Putra mengatakan, peringatan Hari Pers Nasional Tingkat Provinsi Bali digelar di Kabupaten Jembrana dengan mengangkat tema “Pers Sehat, Jembrana Bahagia”.

“Kegiatan ini diwarnai dengan kegiatan-kegiatan lain seperti yang sudah di gelar kemarin, kegiatan literasi media yang diikuti sekitar 70 orang dan bakti sosial menyerahkan sembako di Denpasar dan Jembrana sebanyak 250 paket, yang didukung penuh oleh Anggota DPR RI Bapak Agung Rai Wirajaya,” terangnya.

Pihaknya mengajak pers yang ada di seluruh Bali untuk menciptakan pers yang sehat untuk memberikan kontribusi kepada bangsa, negara dan daerah khusunya.

“Dari pihak luar, misalnya, juga harus mempunyai tanggung jawab juga untuk menciptakan pers yang sehat. Selain itu, pemerintah daerah, pemerintah pusat juga harus membantu dalam membangun bagaimana pers supaya tetap sehat. Karena sekarang kondisi dan tantangan pers itu luar biasa,” ungkapnya.

Menurutnya, wartawan yang saat ini tengah berjuang, mengabdi kepada negara untuk memberikan kontribusi lewat caranya dengan membuat pemberitaan sesuai fungsi pers itu sendiri. Pers juga wajib tetap melakukan kontrol sosial terhadap jalannya pembangunan sehingga pemerintahan bisa berjalan sesuai dengan relnya.

“Seperti yang diutarakan oleh bapak Presiden RI Joko Widodo saat puncak Peringatan HPN di Medan 9 Februari lalu bahwa pers kita saat ini tidak sedang baik-baik saja. Bapak Presiden juga secara khusus menyoroti pentingnya pemberitaan yang bertanggung jawab karena di era digital ini masyarakat dibanjiri informasi tidak benar (hoaks) sehingga bisa menimbulkan disintegrasi bangsa,” katanya, sembari menambahkan, intinya adalah bagaimana menciptakan pers yang sehat agar bisa berkontribusi bagi pemerintah daerah, seperti halnya Kabupaten Jembrana untuk mencapai apa yang dicita-citakan yakni Jembrana Bahagia.

Sementara itu, Bupati Jembrana dalam sambutannya yang dibacakan Sekda I Made Budiasa, mengucapkan terima kasih kepada PWI Bali sudah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Jembrana untuk menyelenggarakan HPN tahun 2023. Keberadaan organisasi PWI sebagai wadah tempat berkumpulnya para insan pers dan wartawan memiliki arti sangat penting bagi pemerintah Kabupaten Jembrana sebagai mitra publikasi kegiatan pemerintah pembangunan dan kemasyarakatan.

“Semakin meningkatnya informasi tidak benar (hoaks) yang ada di media sosial membuat banyaknya kekacauan di masyarakat, mudah-mudahan ke depan dengan semangat kebersamaan dan bekerja keras, berkolaborasi antara pers dengan permerintah, pers dengan masyarakat segala bentuk hoaks itu bisa kita berantas, sehingga terjadi ketertiban di masyarakat,” jelasnya.

Tamba mengakui, pemerintah daerah sangat menyadari arti penting keberadaan pers sebagai salah satu pilar pembangunan untuk menyajikan informasi kepada masyarakat sebagai fungsi kontrol sosial kepada pemerintah.

“Kami mengucapkan selamat Hari Pers Nasional Tahun 2023, semoga organisasi Persatuan Wartawan Indonesia daerah Bali khususnya dapat menyajikan informasi serta pemberitaan lebih baik lagi sesuai tema ‘Pers Sehat, Jembrana Bahagia’ dengan diberdayakannya seluruh potensi yang ada,” katanya.

Gubernur Bali, dalam sambutannya dibacakan Asisten I Sekda Provinsi Bali, I Dewa Gde Mahendra Putra mengatakan, atas nama pemerintah Provinsi Bali mengucapkan selamat hari pers kepada seluruh insan pers yang ada di Bali, dan mengucapkan terima kasih atas kontribusinya terhadap pembangunan daerah Bali.

“Saya sangat apresiasi kepada rekan-rekan pers yang selama ini sangat membantu mensosialisasikan program pembangunan daerah Bali sebagai implementasi visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali Melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Bali Era Baru’. Rekan-rekan pers juga berkontribusi dalam upaya kebangkitan ekonomi Bali dengan promosi potensi ekonomi, potensi ekonomi modal, pembangunan infrastruktur dan turut menyukseskan evant G20 di Bali,” tuturnya

Gubernur juga menyadari tanpa peran insan pers, berbagai keberhasilan pembangunan Bali, tidak akan tampak. Pihaknya ingin mengajak pers sebagai pilar demokrasi untuk terus mengawasi pembangunan Bali, termasuk pencapaian 44 tonggak peradaban penanda Bali Era Baru.

Pada Puncak Peringatan HPN di Jembrana juga duserahkan penghargaan Sahabat Pers kepada pihak-pihak yang berkontribusi terhadap kemajuan pers di Bali, yakni Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra (Kapolda Bali), IGA Rai Wirajaya (Anggota DPRRI Komisi XI), dan Trisno Nugroho (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali), penghargaan PCNO kepada wartawan yang mendapat pengakuan secara nasional I Nyoman Wirata dan PWI Bali Nugraha 2023 kepada Tokoh Pers K. Nadha.

Puncak peringatan HPN ditandai dengan pemukulan kulkul dan rebana oleh sekitar 20 pejabat dan undangan VIP.

Seperti diketahui Puncak perayaan Hari Pers Nasional Tahun 2023 Provinsi Bali dipusatkan di Kabupaten Jembrana. Acara berlangsung 2 hari, 4- 5 April 2023. Berbagai kegiatan dilakukan serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Bali yang dilaksanakan mulai 4 April 2023 dengan kegiatan Literasi Media yang dihadiri 70 peserta. Selain itu juga dilaksanakan bakti sosial penyerahan sembako sebanyak 250 paket yang didukung penuh oleh Anggota DPR RI Komisi XI I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE., MM. (*/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *