BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Permintaan Melonjak, Triwulan Pertama Bali Ekspor 631 Ton Buah Manggis ke China

Foto - Gubernur Bali, I Wayan Koster. (Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Upaya kerja dan sinergi pembangunan pertanian antara Kementerian Pertanian dan Pemerintah Provinsi Bali mulai menuai hasil. Data yang dirilis Badan Pusat Statistik, sektor pertanian telah mampu menurunkan inflasi pangan dari yang sebelumnya 10,57 persen selama 4 tahun terakhir telah mampu ditekan hingga 1,26 persen.

“Demikian juga dengan harga pangan di Provinisi ini yang relatif stabil dengan capaian inflasi pangan di angka 0,7 persen. Sinergi yang dibangun telah membuahkan hasil, dan kita akan terus tingkatkan dengan mendorong produk komoditas pertanian unggulan asal Bali masuk ke pasar ekspor,” kata Imam Djajadi, Kepala Balai Besar Karantina Soekarno Hatta saat melepas ekspor komoditas pertanian senilai Rp17,4 miliar di pelabuhan Benoa Denpasar, Kamis (21/3/2019).

Selain pelepasan ekspor perdana buah salak gula pasir, komoditas pertanian unggulan yang dilepas kali ini adalah manggis, daun mimba, alang-alang, bunga anggrek, sarang burung walet, kepompong sutera, anak ayam umur 1 hari (DOC), dan kulit ular dengan tujuan negara China, Singapore, Timor Leste, Hongkong, Brasil, Jepang dan Jerman.
Imam Djajadi juga menyoroti komoditas yang tengah menjadi primadona ekspor di Bali yakni buah manggis. Menurutnya, petani Bali benar-benar merasakan manfaat kemudahan dan kecepatan pelayanan ekspor oleh pemerintah di dua tahun belakangan ini.

“Tahun 2018 petani manggis di Bali merasakan bagaimana hasil panennya bisa diterima penuh ke pasar-pasar besar manca negara terlebih setelah berhasilnya negosiasi dagang antara Badan Karantina Pertanian dengan Otoritas Karantina China hingga keran ekspor langsung ke pasar China dibuka di penghunjung tahun 2017,” terangnya.

Djajadi menambahkan, data yang diambil dari sistem otomasi Badan Karantina Pertanian, di tahun 2018, dari Bali saja telah terkirim 4.096 ton buah manggis dengan nilai ekonomi Rp300 miliar hanya untuk pasar China saja dan ini merupakan nilai ekspor manggis tertinggi di Indonesia. Sementara, memasuki triwulan pertama 2019 ekspor manggis bahkan sudah mencapai 631 ton tujuan China Dengan nilai devisa hingga Rp45 Miliar.

“Permintaan sangat tinggi, dan untuk percepatan pemeriksaan karantina sesuai persyaratan negara tujuan ekspor kami berlakukan inline inspection, layanan jemput bola,” tambahnya.

Imam Djajadi yang hadir mewakili Badan Karantina Pertanian juga menyampaikan bahwa seluruh jajaran petugas karantina pertanian melakukan tugasnya dalam mensertifikasi produk pertanian sesuai dengan persyaratan negara mitra dagang. Jaminan ini akan menjadi jalur hijau produk pertanian Indonesia melenggang di pasar global.

Kepala Karantina Pertanian Denpasar, I Putu Terunanegara memaparkan komoditas asal Bali yang juga favorit di pasar internasional yakni salak gula pasir. Sejak dimulai ekspor perdananya sebanyak 0,5 ton ke Kamboja di Maret ini, kedepan tengah dipersiapkan secara rutin ekspor sebanyak 50-100 ton perbulannya.

Foto – Imam Djajadi. (Ist)

“Kini bertambah lagi komoditas andalan petani di Bali, dan petani sebagai penggeraknya telah menjadi pahlawan devisi negara,” ujar Terunanegara.

Ia juga menyampaikan data perbandingan ekspor komoditas pertanian yang di sertifikasi melalui wilayah kerjanya pada triwulan pertama di tahun 2018 dengan 2019 adanya peningkatan yang sangat signifikan, di mana pada tahun 2018 tercatat ekspor hanya Rp29 miliar dan di tahun 2019 meningkat jauh sebanyak Rp309 miliar.

“Semua ini tidak terlepas dari upaya keras Badan Karantina dalam memfasilitasi petani  memberikan jaminan kualitas dan kesehatan komoditas ekspor,” tuturnya.

Gubernur Provinsi Bali, I Wayan Koster yang hadir dan melepas ekspor komoditas pertanian unggulan pulau Dewata ini mengapresiasi upaya pembangunan pertanian yang dilakukan secara sinergi antara dinas terkait di wilayahnya dengan Kementerian Pertanian.

“Saya berharap dengan keunggulan sektor pariwisata yang dimiliki Bali juga dapat turut membawa  kesejahteraan bagi petani. Saya juga berpesan agar kuantitas dan kualitas dapat dijaga secara konsisten sehingga akses pasar ekspor dapat terbuka luas sehingga dapat memberi nilai tambah, added-value bagi petani sehingga makin sejahtera,” kata Gubernur.

Sementara itu, Kakanwil Bea dan Cukai Bali, NTB dan NTT Untung Basuki yang turut hadir menyampaikan bahwa BC Bali siap ikut mendukung akselerasi percepatan ekspor komoditas pertanian dengan menggunakan layanan PDE (Pertukaran Data Elektronik) yang sangat efektif memangkas waktu, tenaga dan biaya dan Bali mempunyai keuuntungan lebih dengan mempunyai rute penerbangan yang padat lintas manca negara. (agw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *