BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Selundupkan Anak Orang Utan, WN Rusia Diamankan Petugas di Bandara Ngurah Rai

Foto - Petugas Karantina di Bandara Ngurah Rai. (Ist)
banner 120x600

DENPASAR – Petugas Karantina Denpasar dan Avsec Bandara International I Gusti Ngurah Rai menggagalkan upaya penyelundupan anak orang utan yang dilakukan warga negara asing asal Rusia berinisial ZA.

“Anak orang utan berjenis kelamin jantan berumur sekitar 2 tahun kita temukan di dalam keranjang kecil,” terang Penanggungjawab Karantina wilayah kerja Bandara I Gusti Ngurah Rai, Dewa Nyoman Delanata saat dikonfirmasi, Sabtu (23/3

Delanta menerangkan, terungkapnya kasus tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap barang yang dibawa pelaku saat memasuki areal Keberangkatan International Bandara Ngurah Rai, Jumat (22/3/2019) malam sekitar pukul 22.30 Wita 
Saat ditanya isi di dalam barang bawaan, bule tersebut mengaku membawa anak kera. Karena takut kera agresif dan lepas di ruang keberangkatan, pelaku kemudian dibawa ke ruang pemeriksaan. Petugas terkejut karena di dalam koper bukan kera seperti yang dikatakan, melainkan anak orang utan yang jenisnya dilindungi.

Sadis, agar mudah dimasukkan ke dalam koper, anak orang utan tersebut terlebih dulu dibius dengan cara diberikan tablet bius yang dicekoki melalui spuit dengan kerja obat selama 2-3 jam. Hal ini terungkap saat kopernya digeledah petugas ditemukan spuit dan obat bius.

“Dari Denpasar rencana penerbangan akan transit terlebih dulu di Bandara Korea, dan disana akan ditambahi lagi obat bius untuk melanjutkan perjalanan ke Rusia, sadis memang,” ucap Delanta.

Foto – ZA (tengah) di kantor Karantina Bandara Ngurah Rai. (Ist)

Selain ditemukan obat bius, di dalam koper milik WN Rusia juga ditemukan 2 ekor tokek dan 5 ekor kadal. Saat dimintai keterangan, ZA mengatakan membeli anak orang utan ini seharga 300 dollar USA di luar Bali. Untuk sementara, barang bukti anak orang utan di serahkan BKSDA, sedangkan si pembawa dibawa ke kantor KP3.

“Iya benar, yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan di Mapolsek,” ucap Kapolsek KP3 Bandara Ngurah Rai, Kompol Agung Raka Nugraha melalui pesan WhatsApp saat dikonfirmasi terpisah. (agw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *