BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Serap Aspirasi Dirjen Imigrasi Silmy Salim Tinjau Pelayanan Imigrasi Ngurah Rai

Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat mengunjungi pelayanan Imigrasi Ngurah Rai.
Dirjen Imigrasi Silmy Karim saat mengunjungi pelayanan Imigrasi Ngurah Rai. (foto:hms-imigrasi Ngurah Rai/tbn)
banner 120x600

BADUNG (terasbalinews.com). Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Kamis (12/1/2023). Kunjungan kerja ini tak lain bertujuan melihat langsung bagaimana pelayanan keimigrasian di lapangan serta menyerap aspirasi baik saran maupun permasalahan yang ada untuk dicarikan solusi bersama.

Dalam kunjungan ini Kepala Kanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu beserta Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Bali Baron Ichsan turut mendampingi  Dirjen Imigrasi tersebut. Dalam kunjugannya di Kantor Imigrasi Ngurah Rai, orang nomor satu di Imigrasi ini meninjau sarana dan prasarana pelayanan publik yang ada, serta melihat langsung bagaimana pelayanan yang diberikan oleh petugas Imigrasi Ngurah Rai kepada pemohon layanan keimigrasian.

Silmy Salim juga melakukan dialog kepada beberapa pemohon layanan keimigrasian baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Warga Negara Asing (WNA) untuk menggali bagaimana pelayanan keimigrasian yang dirasakan. Nina Yuniar salah satu pemohon paspor menyampaikan bahwa proses permohonan paspor yang berjalan lancar dan mudah. “Prosesnya mudah dan cepat, apalagi menggunakan aplikasi M-Paspor,” terang Nina.

Eduard Vorobiev salah seorang WNA asal Rusia permohon perpanjangan izin tinggal yang diajak berdialog oleh Silmy turut menyampaikan bahwa pelayanan di Imigrasi Ngurah Rai sudah sangat bagus dan cepat.

“Pelayanannya cepat dan petugasnya juga sangat membantu,”  terangnya.

Melihat ada keluarga WNA yang menggunakan fasilitas ruang bermain anak, Silmy pun menghampiri keluarga tersebut dan mengajak berdialog. Daniel Seuffert WNA asal Jerman yang sedang melakukan perpanjangan VOA menyampaikan sangat menikmati fasilitas yang ada di Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

“Pelayanannya bagus, selagi menunggu untuk foto, saya bisa mengajak anak saya bermain di disini,” ucap Daniel.

Dalam kesempatan ini Silmy juga turut mencoba fasilitas Coffe Corner yang menyediakan berbagai jenis minuman kopi. Silmy merasa takjub dan mengapresiasi ada fasilitas kopi gratis di Kantor Imigrasi Ngurah Rai.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengarahan kepada pegawai Imigrasi Ngurah Rai. Terdapat 3 hal yang ditekankan oleh Dirjen Imigrasi, pertama bagaimana menjadikan organisasi menjadi lebih hebat, kedua adalah peningkatan kinerja anggota dan ketiga adalah peningkatan kontribusi kepada negara.

Dalam arahannya Silmy juga mengajak para petugas di kantor imigrasi untuk bekerja dengan sepenuh hati memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tugas-tugas harus dijalankan dengan sebaik-baiknya, mari kita bangun Imigrasi dengan energi positif dengan cara berkata baik, berbuat baik, maka pelayanan akan menjadi baik,” ajak Silmy.

Selaku Dirjen Imigrasi yang belum lama dilantik, Silmy juga meminta dukungan dari seluruh jajaran agar dapat menjalankan tugas-tugas sebagai Dirjen Imigrasi dengan optimal. “Sampaikan isu-isu aktual yang ada, dari masukan-masukan tersebut mari kita tingkatkan pelayanan di Imigrasi,” ujarnya.

“Pelayanan menjadi target nomor 1,”  ucap Silmy Salim mengingatkan. Hal tersebut sejalan dengan amanat yang disampaikan Presiden Joko Widodo yang mengupayakan pengembangan dan kemudahan pelayanan Keimigrasian baik kepada WNI maupun WNA.

Silmy Salim juga memberikan apresiasi kepada pelayanan Imigrasi Ngurah Rai. “Secara fair saya sampaikan pelayanan di Imigrasi Ngurah Rai diatas ekspektasi saya, saya berharap jajaran lainnya dapat melakukan hal yang sama,” ucap Silmy.

Pada kesempatan tersebut, Silmy Salim membuka sesi diskusi dengan para pegawai untuk menjaring masukan-masukan atau kendala yang dihadapi selama bertugas. Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito dalam kesempatan ini menyampaikan capaian kinerja Imigrasi Ngurah Rai di tahun 2022.

Dengan capaian kinerja yang luar biasa di tahun 2022, Kakanim juga menyampaikan kendala yang dihadapi antara lain jumlah perangkat yang kurang dan banyaknya perangkat yang perlu diremajakan karena sudah melebihi umur ekonomis terutama pada TPI Bandara Ngurah Rai.

Menanggapi kendala tersebut, Silmy mengatakan akan mendukung penuh dan mengupayakan secara maksimal segala kebutuhan dapat dipenuhi untuk menunjang peningkatan kualitas pelayanan masyarakat.

Kunjungan kemudian dilanjutkan ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Ngurah Rai untuk meninjau alur keberangkatan dan kedatangan. Pada terminal keberangkatan peninjauan dimulai dari konter check-in maskapai sampai pemeriksaan keimigrasian. Dalam kesempatan tersebut, Silmy juga meninjau fasilitas autogate yang ada dan berharap agar fasilitas autogate tersebut dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pelayanan dan mengurai antrean penumpang.

Direktur Operasional Angkasa Pura Pusat, GM Angkasa Pura Bandara Ngurah Rai serta Perwakilan dari Otoritas Bandara (Otban) yang turut serta dalam kunjungan ini siap bersinergi dan bekerja bersama mendukung upaya-upaya untuk meningkatkan pelayanan.

Pada terminal kedatangan, Silmy meninjau alur kedatangan penumpang mulai dari pemeriksaan kesehatan di KKP, pembelian VOA sampai dengan pemeriksaan keimigrasian. Silmy menyampaikan bahwa digitalisasi perlu dilakukan untuk mempercepat pelayanan, sosialisasi penggunaan E-VOA dan E-Visa kepada orang asing dan maskapai perlu digencarkan untuk mengoptimalisasi pelayanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Anggiat Napitupulu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur Jenderal Imigrasi yang telah memilih Provinsi Bali sebagai tujuan kunjungan kerja perdananya sekaligus untuk meninjau pelayanan keimigrasian di Wilayah Bali. Anggiat berharap kunjungan kerja Direktur Jendral Imigrasi ini bisa meningkatkan semangat jajaran imigrasi dalam memberi pelayanan yang prima.

“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Dirjen Imigrasi atas kunjungannya, dengan ini kami berharap bisa menjadi modal dalam meningkatkan pelayanan keimigrasian,” ujar kakanwil.

Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai Sugito juga menyampaikan ucapan terima kasih atas arahan, masukan dan dukungan dari Dirjen Imigrasi yang sangat antusias dan bersemangat dalam membawa Imigrasi untuk menjadi instansi yang lebih baik lagi. (hms-imigrasi ngurah rai/tbn)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *