BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Supadma Rudana Kembali Pimpin AMI Periode 2019-2024

banner 120x600

(foto : Ist) Supadma Rudana terpilih secara aklamasi dalam Munas AMI.
DENPASAR – Dalam Munas AMI yang dihadiri 12 AMIDA (Asosiasi Museum Indonesia Daerah) dari 17 AMIDA yang terdaftar tanggal 3-4  Oktober 2019 lalu, jabatan Ketua Umum AMI dipercayakan kembali kepada pemilik Museum Rudana Ubud, Gianyar, Putu Supadma Rudana.
Supadma Rudana terpilih secara aklamasi dalam Munas AMI di Hotel Harris, Jakarta sebagai Ketua Asosiasi Museum Indonesia (AMI) periode 2019-2024, lantaran  karena kemampuannya selama 5 tahun memimpin AMI yang beranggotakan sekitar 426 museum di Indonesia. Di era kepemimpinan Supadma Rudana ini pengelolaan museum, informasi dan peran museum sebagai rumah peradaban makin kuat.
Di tangan Supadma Rudana juga museum di Indonesia mulai mendapatkan perhatian pemerintah. Selain itu muncul juga agenda menyeluruh untuk kemajuan museum di Indonesia yang dikenal dengan Saptakarsa Asosiasi Museum Indonesia yang cita-citanya mewujudkan Undang-undang permuseuman, pembentukan badan permuseuman, terbentuknya lembaga sertifikasi dan akreditasi museum, membangun sistem pengelolaan museum, mengkoordinasikan pendanaan museum di Indonesia, mengawal sumber daya museum, mendorong pemerintah  untuk kembali menggelar gerakan nasional cinta museum.
“Saya siap menjalankan tugas sosial kemasyarakatan tersebut meskipun tugas- tugas padat di parlemen sudah menunggu,” sebutnya di Denpasar, Selasa (7/10/2019).
Mantan anggota Komisi X DPR RI yang membidangi pariwisata, pendidikan, seni-budaya, pemuda olahraga ini mengatakan sebagai Ketua Umum AMI dirinya akan terus mengawal cita-cita Saptakarsa tersebut.
“Dari awal kita  terus mendorong agar dukungan, perhatian dan bantuan berbagai pihak dapat memaksimalkan untuk kemajuan museum di Indonesia. Selama ini hasil yang kita telah capai adalah koordinasi, komunikasi dan konsolidasi dalam pengembangan dan memajukan museum. Nanti kami akan meminta pemerintah pusat untuk mengukuhkan kepengurusan AMI  2019-2024, supaya bisa dihadiri Presiden guna memberikan solusi komprehensif  dalam memuliakan permuseuman,” ujar mantan Ketua Departemen Seni dan Budaya DPP Demokrat ini.
Supadma Rudana berharap kehadiran AMI yang merupakan rumah bagi segala kekayaan peninggalan budaya, peninggalan bangsa , sejarah bangsa dan peradaban nusantara bisa diperkuat oleh pemerintah dengan memberikan dukungan yang berkelanjutan.
“Disini peran kepengurusan AMI yang saya pimpin,” tegas Wasekjen DPP Demokrat ini.
Soal posisinya sebagai anggota DPR RI dan sebagai Ketua Umum AMI yang akan menguras waktu karena mengurus 426 museum se Indonesia ditegaskan Supadma Rudana tidak akan menganggu fungsi sebagai wakil rakyat.
“Justru saling mendukung. Saya akan memaksimalkan fungsi saya di DPR RI sebagai wakil rakyat. Sekaligus juga mengawal kemajuan AMI kedepan, terutama mengawal pembentukan undang-undang atau regulasi yang melindungi museum di Indonesia,” pungkasnya.
Tentu terpilihnya Supadma Rudana yang kembali lolos sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024 anggota Fraksi Partai Demokrat  tidak menurunkan ritme dalam aktivitas organisasi. (wie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *