BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Bupati Badung Satu Mobil dengan Megawati Soekarno Putri ke Acara BRIN di Bedugul

Presiden RI Ke-5 Hj. Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Dewan Pengarah BRIN bersama Bupati Badung, Nyoman Giri Parsta saat melakukan Kunjungan Kerja di Kebun Raya Bedugul, Tabanan, Senin (7/8/2023). (foto/ist)
banner 120x600

TABANAN (terasbalinews.com). Presiden RI Ke-5, Hj. Megawati Soekarnoputri, selaku Ketua Dewan Pengarah Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), mengadakan Kunjungan Kerja di Kebun Raya Bedugul, Tabanan, Senin (7/8/2023). Tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesempatan kepada para peneliti BRIN di daerah untuk menyampaikan perkembangan penelitian dan menghadapi kendala yang dihadapi kepada BRIN Pusat (BRIN Mendengar).

Hj. Megawati Soekarnoputri tiba di Holding Room Etnobotani Kebun Raya Bedugul bersama Rachmawati Soekarnoputri dan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta. Kedatangan mereka disambut oleh Menteri Keuangan RI, yang juga Wakil Ketua Dewan Pengarah BRIN, Sri Mulyani, bersama Gubernur Bali, Wayan Koster, Walikota/Bupati se-Bali, serta anggota BRIN dan ratusan periset dari Provinsi Bali dan Lombok. Kunjungan dilanjutkan ke Gedung Laboratorium Konservasi Tumbuhan dan berakhir di Gedung serba guna Nayaka Loka Kebun Raya Bedugul.

Megawati Soekarnoputri menjelaskan mengapa Badan Riset dan Inovasi Nasional dibentuk, mengapa dia yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo, dan tujuan pembentukan BRIN.

“Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kinerja Badan Litbang di masing-masing Kementerian/Lembaga dengan menyatukannya dalam satu badan yang berada di bawah Presiden, yang sekarang disebut BRIN,” katanya.

Dia menekankan pentingnya kesatuan ini untuk memajukan Indonesia dan mengatasi egoisme dari para peneliti yang berkembang karena berada di tempat masing-masing, padahal memiliki disiplin ilmu yang sama. Menurutnya, dengan adanya BRIN dan strukturnya yang telah dibentuk, langkah ini sudah cukup kuat.

Megawati Soekarnoputri juga mengingatkan para peneliti untuk segera mematenkan hasil penelitian mereka agar tidak diambil oleh negara asing atau dibeli oleh pihak lain. Paten ini akan memberikan pengakuan dan keunggulan kepada peneliti dalam dan luar negeri.

“Kami mendorong para peneliti untuk tidak hanya berfokus pada publikasi di jurnal internasional, tetapi juga berkoordinasi dengan BRIN Pusat jika ada kendala dalam penelitian, sehingga BRIN Pusat dapat membantu mencari solusi dan jalan keluar untuk setiap masalah yang dihadapi,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini Presiden RI Ke-5 ini mengajak seluruh peneliti untuk bekerja keras dan semangat dalam menjalankan tugas mereka demi kemajuan riset dan inovasi di Indonesia. (red/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *