BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Bupati Giri Prasta : Badung Komit Laksanakan Program Kementerian PPPA

Menteri Bintang Launching Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak

Bupati Nyoman Giri Prasta mendampingi Menteri PPPA Bintang Darmawati saat acara Launching Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kabupaten Badung di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Selasa (29/8/2023). (foto/ist)
banner 120x600

BADUNG (terasbalinews.com). Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen penuh melaksanakan program Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang dipimpin oleh Bintang Darmawati bersama dengan jajaran, karena program ini merupakan program yang amat sangat bagus untuk direplikasi di setiap Desa/Kelurahan di Kabupaten Badung.

“Bahkan kita sudah terapkan di beberapa Desa/Kelurahan menjadi Desa/Kelurahan yang ramah perempuan dan peduli anak. Ini memberikan sebuah motivasi bagaimana kita bisa betul-betul memperhatikan dan memberikan keleluasaan kesetaraan gender pada kaum perempuan, begitu juga perlindungan pada anak,” ucap Bupati Badung Nyoman Giri Prasta seusai mengikuti acara Launching Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Kabupaten Badung yang dipimpin langsung oleh Menteri PPPA Bintang Darmawati, Selasa (29/8/2023) bertempat di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Menurutnya, Pemkab badung sudah memberikan fasilitas umum yang ramah anak, seperti di kantor desa ada ruang anak, begitu juga di ruang hijau kabupaten maupun di ruang hijau desa kita berikan fasilitas untuk anak-anak.

“Ini menjadi hal yang prinsip yang perlu kami sampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung mengapresiasi penuh program Menteri PPPA,” ujar Giri Prasta.

Turut hadir jajaran Kementerian PPPA, jajaran Ketua Organisasi Kewanitaan Kabupaten Badung, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, jajaran Kepala OPD di lingkup Pemkab Badung, beserta 3.200 peserta lainnya yang terdiri atas seluruh elemen masyarakat Badung.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PPPA yang telah menyediakan Call Center pengaduan, jadi ketika masyarakat melihat tindak kekerasan, perundungan di sekitar lingkungannya, masyarakat bisa melapor ke Call Center agar bisa segera di tangani oleh pihak terkait.

“Kita juga sudah memiliki fasilitator, ini semua wujud proteksi negara yang dipimpin oleh Bapak Presiden Joko Widodo untuk menjadi Indonesia maju, melalui Kementerian/Lembaga dan kita akan meneruskan di Kabupaten Badung, kami pastikan tahun 2024 Badung siap semua untuk menjadi Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak,” tegas Giri Prasta.

Sementara itu Menteri PPPA Bintang Darmawati merasa sangat bahagia karena bisa launching Program Desa/Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak di tempat yang luar biasa indah, yakni di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung yang dihadiri ribuan peserta terdiri atas seluruh elemen masyarakat yang ada di Badung.

Disebutkan bahwa program ini merupakan konsep yang dibuat Kementerian PPPA untuk menjawab PR terkait perempuan dan anak yang harus diselesaikan bersama. Karena menurut Menteri Bintang urusan pemberdayaan perempuan dan pemenuhan hak anak, perlindungan anak adalah gerakan bersama yang membutuhkan sinergi kolaborasi di semua lintas stakeholder yang ada, baik pemerintah pusat sampai pemerintah daerah demikian juga dunia usaha akademisi kemudian lembaga masyarakat tokoh adat tokoh agama, termasuk peran media dikatakan menjadi penting dalam pemenuhan hak dan perlindungan kepada perempuan dan anak di Indonesia.

“Hari ini kami cukup berbangga karena launching model desa ramah perempuan dan peduli anak di Kabupaten Badung dan kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya, tadi Bapak Bupati sempat menyampaikan komitmennya bagaimana model ini setelah terwujud menjadi model ramah perempuan dan peduli anak, itu akan direplikasi di desa/kelurahan lain yang ada di Kabupaten Badung untuk mempercepat terwujudnya perempuan berdaya anak terlindungi di kabupaten Badung yang tercinta ini,” ungkap Menteri Bintang Darmawati. (*/yak)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *