BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

IMEX 2024 Digelar di Bali, Ajang Promosi Musik Nusantara Agar Mendunia

Suasana pembukaan IMEX 2024 di Ubud, Gianyar, Jumat (9/5/2024). (Foto/nan)
Suasana pembukaan IMEX 2024 di Ubud, Gianyar, Jumat (9/5/2024). (Foto/nan)
banner 120x600

GIANYAR (terasbalinews.com). Direktorat Perfilman, Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan RI menggelar Indonesian Music Expo (IMEX) 2024 di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali pada 9-12 Mei 2024.

Ajang ini juga menjadi media promosi musik Nusantara ke pasar global dengan mengundang pelaku atau pembeli produk dari luar negeri, seperti Australia, Jepang, Belanda, China, Korea Selatan, dan beberapa negara lainnya.

Direktur Perfilman Musik dan Media Baru Ahamad Mahendra mengatakan, para pembeli merupakan kumpulan promotor musik, produser, pemillk label, direktur festival, direktur pusat kesenian, media TV dan radio, serta anggota organisasi dan asosiasi musik.

“Harapan IMEX adalah para buyer ini akan tertarik untuk mengundang grup-grup yang tampil di panggung IMEX ke negara mereka masing-masing,” jelas Mahendra, Jumat (9/5/2024) lalu.

Mahendra menyebut, pihaknya akan menyerahkan pemilihan grup-grup yang tampil kepada Dewan Kurator dari dalam maupun luar negeri melalul proses pendaftaran (Open Call) yang terbuka untuk semua grup musik dari seluruh Nusantara.

Cara tersebut, kata Mahendra, akan membuat IMEX mendapat kepercayaan dari para stakeholders world musik dari seluruh dunia.

“Tahun ini juga merupakan tahun kedua kerjasama IMEX dengan WOMEX, sebuah lembaga pemasaran world music terbesar di dunia yang berpusat di Eropa,” jelas Mahendra.

Lebih jauh, WOMEX nantinya akan ikut mempromosikan IMEX ke pasar global melalui berbagai media promosi mereka.

Selain itu, WOMEX juga akan memilih para delegasi yang dianggap paling tepat untuk menjadi pembeli grup-grup yang tampil di IMEX.

“Dengan adanya kerjasama ini, IMEX melakukan terobosan besar dan menjadi satu-satunya lembaga musik di Indonesia yang berhasil masuk menjadi bagian dari pasar musik dunia yang berpusat di Eropa dan Amerika,” timpal dia.

Mahendra berharap, kekayaan dan keragaman budaya muslk Nusantara dapat disandingkan dengan musik etnik dari luar seperti Benua Afrika yang saat ini mendominasi pasar world music secara global.

“Oleh sebab itu, jika IMEX dapat membawa Indonesia menembus pasar musik global, bukan mustahil kita akan mampu mengambil alih peran Afrika saat ini,” ucapnya.

Di sisi lain, IMEX 2024 menggelar berbagai program meliputi pertunjukan musik dari seluruh Nusantara, pameran alat dan kerajinan musik, pemutaran film musik, talkshow, demo, konferensi, workshop. (nan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *