BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Kapal Pesiar “Celebrity Solstice” Sandar di Benoa, Ribuan Wisatawan Nikmati Pariwisata Bali

Cruise Celebrity Solstice yang sandar di Pelabuhan Benoa, Senin (30/10/2023). (foto/tim)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Pelindo Regional 3 Benoa kembali berhasil menyadarkan kapal berukuran jumbo, kali ini giliran Cruise Celebrity Solstice yang sandar di Pelabuhan Benoa, Senin (30/10/2023). Kapal dengan panjang 317 meter dan lebar 37 Meter ini merupakan kapal dengan ukuran terbesar yang pernah singgah di Pelabuhan Benoa.

Celebrity Solstice tiba dan sandar di Pelabuhan Benoa Bali, Senin (30/10/2023). Kedatangannya disambut langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritime dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemen Parekraf Vinsensius Jemedu dan Direktur Strategi Pelindo Prasetyo. Untuk menyambut wisatawan, Pelindo juga menghadirkan sejumlah stand UMKM di area terminal penumpang yang memasarkan produk-produk lokal khas bali.

Memiliki bobot mencapai 121.878 GT menjadikan Celebrity Solstice sebagai kapal terbesar yang pernah singgah di Pelabuhan Benoa. Kapal ini juga tercatat membawa 3.944 orang yang terdiri dari penumpang 2776 dan kru kapal 1168 orang,  merupakan kapal dengan jumlah penumpang terbanyak yang pernah sandar di Pelabuhan Benoa.

Direktur Strategi Pelindo Prasetyo mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan  dengan detil dalam menyambut cruise Celebrity Solstice ini, diantaranya dengan menyediakan Gangway khusus sepanjang 46 meter untuk mempermudah proses debarkasi dan embarkasi penumpang.

“Ini adalah sejarah bagi kami melayani proses sandar kapal berukuran panjang lebih dari 300 meter di Pelabuhan Benoa jadi harus kami persiapkan dengan baik, salah satunya penyediaan Gangway. Dermaga kami juga cukup panjang total 500 meter sehingga mampu untuk melayani sandar cruise ukuran jumbo,” ucap Prasetyo, disela kegiatan.

Sementara itu apresiasi diberikan langsung oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritime dan Energi Kemenko Marves Jodi Mahardi saat menyambut kedatangan Celebrity Solstice, menurutnya kedatangan cruise ini menjadi momentum Indonesia untuk menunjukkan potensi dan kemapuannya sebagai home port pariwisata dunia.

“Kita melihat ini menjadi sebuah peluang setelah kita berhasil mendatangkan dan menyandarkan kapal cruise berukuran besar, tinggal kedepan kita akan perkuat konektivitas kepelabuhan yang ada di barat dan timur agar penyebaran wisatawan bisa semakin merata,” kata Jodi Mahardi.

Cruise Celebrity Solstice sendiri rencananya akan sandar selama 2 hari di Pelabuhan Benoa setelah sebelumnya berlayar dari Sydney menuju ke Singapore. Kedatangan kapal ini menambah jumlah kedatangan kapal di Pelabuhan Benoa 2023 sebanyak 50 kapal dengan total penumpang mencapai 74.461 orang. Pelindo memprediksi kunjungan kapal pesiar di pelabuhan benoa akan terus bertambah ditahun 2024 mencapai 52 kapal dan penumpang hingga 89.400 orang. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *