BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Karya Melaspas di Pura Kahyangan Desa dan Puseh Desa Adat Cengkok

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara Melaspas Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Cengkok, Desa Baha, Kecamatan Mengwi, Selasa (9/1/2024). (foto/ist)
banner 120x600

MANGUPURA (terasbalinews.com). Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri acara Melaspas Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Cengkok, Desa Baha, Kecamatan Mengwi, bertepatan dengan Rahina Siwaratri, Kajeng Kliwon, Selasa (9/1/2024). Turut hadir Kadisbud Badung Gde Eka Sudarwitha, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana serta tripika, Perbekel Desa Baha, BPD, LPM, Bendesa Adat Baha, Bendesa Adat Cengkok, Bendesa Adat Ayunan, tokoh masyarakat serta krama pengempon pura. Sebagai wujud perhatian dan dukungan Bupati Giri Prasta menyerahkan punia secara pribadi sebesar Rp. 25 juta.

Bupati Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa karena telah diberikan keselamatan dan kerahayuan dalam pelaksanaan Upacara Melaspas di Pura Desa dan Puseh Desa Adat Cengkok yang dilaksanakan tepat pada Hari suci Siwaratri.

Dirinya berpesan masyarakat harus berpedoman pada ajaran Tri Hita Karana dan tetap bersatu dalam melaksanakan kegiatan upacara adat seperti saat ini.

“Dengan bersatu masyarakat sudah membuatkan Jembatan Mas kepada generasi muda. Saya juga berharap kepada masyarakat, dalam melaksanakan upacara ini dilaksanakan dengan cara gotong royong, bersama-sama dengan rasa tulus ikhlas, agar apa yang kita laksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar sesuai yang diinginkan. Ini merupakan astiti bakti kita kepada Ida Betara-Betari yang berstana di Pura Desa dan Puseh Desa Adat Cengkok,” pesan Giri Prasta.

Sementara Bendesa Adat Cengkok I Nyoman Rena mewakili krama Desa Adat Cengkok mengungkapkan rasa bahagia dan ucapan terima kasih atas kehadiran Bapak Bupati Badung di acara melaspas pura desa dan puseh desa adat cengkok. Disampaikan upacara ini terlaksana setelah rampungnya pembangunan pura desa dan puseh desa adat cengkok dan dana ini berasal dari bantuan dana hibah Bupati Badung tahun 2023 sebesar Rp 3,3 miliar. Untuk dana melaspas dan pujawali berasal dari dana swadaya masyarakat. (*/tbn)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *