BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

“Pemacekan Agung” Pura Dasar Buana Gelgel Klungkung Dipenuhi Pemedek se-Antero Bali

Persembahyangan di Pura Dasar Buana Gelgel, Klungkung. (foto/ist)
banner 120x600

SEMARAPURA (terasbalinews.com). Bertepatan dengan Pemacekan Agung yang jatuh pada Senin 7 Agustus 2023 ,ribuan pemedek seantero Bali serbu Pura Dasar Buana Gelgel ,Klungkung untuk melaksanakan persembahyangan. Diluar prediksi ternyata ribuan pemedek yang pedek tangkil di Pura besejarah bagi umat Hindu utamanya warga Pasek sejebag Bali, karena di Pura tersebut linggih Ide Betare Sri Mpu Gana yang berstana saat membangun Pura Kahyangan Jagat Pura Dasar Buana ini beratus ratus tahun yang lampau.

Menurut Penyarikan Desa Adat Gelgel Gede Eka Semayaputra dihubungi Senin(7/8/2023) menyatakan yang muput petirtan saat Puncak Karya Pemacekan Agung di Pura Dasar Buana ,Gelgel Klungkung ini yang muput: di Pura Dasar Buana: Ida Baghawan Dalem Siwa Sogatha miwah Ida Peranda Gde Jumpung Putra Keniten. Sedangkan di Pura Pusering Jagat dipuput Ida Peranda Gede Kediri Putra Keniten

Lebih jauh Gede Eka Semayaputra yang juga menjabat Kepala SMAN di Gianyar ini menyatakan bahwa pemedek yang tangkil bertepatan dengan Pemacekan Agung kali ini sangat ramai.

“Malah karena begitu membludaknya kita pegunakan sistem antrian dengan menggunakan kartu untuk pemedek yang akan ngeranjing ke Jroan,” ujarnya.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir tejadinya penuumpukan pemedek ddijroan Pura agar tidak malah bberjuubel tidak kondusif. Disebutkannya pula walaupun sudah diatur malah terjadi juga sebagian pamedek kelelahan dan diberi perawatan medis. Diantara pemedek yang mengalami gangguan kesehatan karena berdesakan tampak warga Semeton dari Bantiran Tabanan dan warga semeton dari Taro Tegalalang yang terrpaksa mendapatkan pertolongan medis .

Menurutnya Ide betare Dasar Buana Gelgel, Klungkung nyejer selama 3 hari dan Ide Betare akan mesineb rahina wraspati/Kamis 10 Agustus 2023 yang akan datang. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *