BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Tanggung Jawab Dampak Pembangunan, Pelindo Tanam 6,300 Bibit Mangrove

Simbolis penanaman mangrove di area Mangrove Arboretum Park atau kawasan hutan Tahura Ngurah Rai Benoa. (foto/tim)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sub Regional 3 Bali Nusa Tenggara atau Pelindo Sub Regional 3 BaliNusra melaksanakan program penanaman 6,300 bibit mangrove di sekitar pengembangan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH).

Inisiatif ini merupakan tanggung jawab penataan lingkungan dampak dari pengembangan BMTH sekaligus langkah nyata Pelindo untuk mewujudkan kawasan hijau yang berkelanjutan dan berkontribusi positif terhadap pelestarian lingkungan disekitar pelabuhan.

Simbolis penanaman mangrove ini dilakukan di area Mangrove Arboretum Park atau kawasan hutan Tahura Ngurah Rai Benoa. Simbolis penanaman ini juga dihadiri oleh sejumlah stakeholder seperti, PJ Guburber Bali, Walikota Denpasar, Kejaksaan Tinggi Bali hingga KSOP Kelas II Benoa, Jumat (6/10/2023). Dalam seremonial ini rencananya ada 6300 bibit mangrove dengan jenis Rhyzopora Apiculata 1.260 batang, Rhyzopora Mucronata 1.260 batang hingga Avicenia Marina 3.780 batang dengan jumlah total 6.300 batang bibit.

Sub Regional Head 3 Bali Nusra Ali Sodikin, mengatakan, penanaman bibit mangrove ini merupakan komitmen Pelindo dalam mewujudkan kawasan hijau di area pelabuhan. Pihaknya tidak memungkiri bahwa dalam pengembangan BMTH terdapat sebagian area hijau yang terkena dampak, sehingga perlu dilakukan penanaman mangrove atau penghijauan sebagai bentuk dari tanggung jawab Pelindo.

“Kami memastikan pengembangan BMTH sesuai dengan prinsip Nangun Sat Kerthi Loka Bali yang artinya membangun sejalan dan harmonis dengan budaya dan lingkungan Bali. Oleh karenanya 6.300 bibit mangrove yang akan kami tanam ini adalah wujud komitmen kami,” ujar Ali Sodikin.

Sementara itu, Pj Gubernur Bali yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali dalam sambutannya mengatakan pihaknya mengapresiasi komitmen dan tanggung jawab Pelindo untuk tetap melakukan penghijauan sebagai tanggung jawab dari dampak pembangunan BMTH. Pihaknya berharap mangrove yang akan ditanam ini bisa tumbuh dan menambah kawasan hijau diarea BMTH.

“Kami mengapresiasi kepada Pelindo sudah melakukan percepatan, perbaikan, di kawasan Pelindo sendiri dulu contohnya ini sudah beberapa kali dilakukan penanaman” ungkap I Made Teja

Sebelumnya, Pelindo saat ini melalukan pembangunan BMTH yang diproyeksikan sebagai Home Port bagi kapal kapal Cruise yang akan berlayar ke Indonesia. Progres sejumlah pembangunan fisik dasar BMTH sudah selesei dan ditargetkan rampung keseluruhan pada 2024 mendatang. (*/yak)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *