BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Eko Cahyono – Konferensi Ekonomi Kreatif Momentum UKM Garap Pasar Global

banner 120x600

DENPASAR – Pendiri Bali Ekonomi Creatif Eko Budi Cahyono, S.E.,M.M.,M.H.,yang juga caleg DPR RI dapil Bali nomor urut 2 dari PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) menyambut positif Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia (World Conference on Creative Economy atau WCCE) di Nusa Dua, Bali. Acara yang pertama kali digelar ini berlangsung mulai Selasa, 6 November sampai 8 November 2018.

Sejauh ini sudah ada perwakilan atau delegasi dari lebih 50 negara yang menyatakan menghadiri konferensi internasional tersebut. Ditambah juga ada sekitar lima organisasi internasional, seperti WIPO dan UNCTAD yang berpartisipasi di WCCE selain juga sejumlah kalangan seperti akademisi, pebisnis, pelaku ekonomi kreatif, dan media massa.

“Kami harapkan hasil konferensi ini bisa jadi momentum negara-negara di dunia saling berkolaborasi menguatkan pengembangan ekonomi kreatif. Khususnya Indonesia juga bisa jadi garda terdepan dan menunjukkan betapa besarnya potensi ekonomi kreatif kita yang lebih banyak berada di sektor UKM (Usaha Mikro Kecil Menengah),” kata Eko Cahyono saat ditemui di Denpasar, Selasa (6/11/2018).

Tema yang diusung Indonesia dalam perhelatan WCCE yaitu Inclusively Creative atau kreatif secara inklusif yang membahas lima isu terkait pengembangan, kesempatan dan tantangan ekonomi kreatif secara global. Yaitu kohesi sosial, regulasi, pemasaran, ekosistem, dan pembiayaan.

Menurut Eko konferensi ini menjadi momentum pemerintah menunjukkan kepada dunia bahwa sektor ekonomi kreatif Indonesia maju pesat. Ini juga untuk menguatkan positioning Indonesia tidak hanya menjadi konsumen produk dan jasa kreatif, namun juga mampu menjadi bagian dari “global value chain” ekonomi kreatif.

“Indonesia bisa menjadi negara dengan kekuatan ekonomi kreatif terbesar di dunia. Kita punya keberagaman, masingmasing daerah punya produk khas seperti fesyen batik, endek, kuliner, kopi dan lainnya. Produk kreatif yang muncul akibat keberagaman itu yang banyak digarap pelaku UKM bisa kita optimalkan untuk masuk ke pasar global,” tegas Eko.

Menurut Eko, perkembangan ekonomi kreatif secara global juga menjadi pasar yang menggiurkan bagi produk ekspor ekonomi kreatif asal Indonesia. Apalagi berdasarkan survei, industri kreatif pada 2017 menyumbang 2,25 miliar dolar AS terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dunia dan mempekerjakan 29,5 juta jiwa.

Pada tahun yang sama, industri kreatif juga menyumbang 7,38 persen bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang didominasi oleh sektor kuliner, busana dan kriya. Industri ini juga berkontribusi 13,2 persen penyerapan tenaga kerja di Indonesia, dengan 53,68 persen pekerja kreatif adalah perempuan.
Karenanya dalam Konferensi Ekonomi Kreatif Dunia (WCCE) ini diharapkan pelaku ekonomi kreatif tanah air khususnya dari Bali mampu membangun jejaring pemasaran yang lebih luas sehingga bisa menggarap peluang pasar ekspor produk ekonomi kreatif. Selain itu konferensi ini juga menjadi kesempatan emas untuk menarik minat investor berinvestasi pada ekonomi kreatif di Indonesia khususnya juga Bali.

“Potensi ekonomi kreatif kita sangat besar. Apalagi ekonomi kreatif Bali juga semakin maju ditambah dengan tingginya kreativitas orang Bali,” ungkap pria yang juga penulis buku ekonomi bisnis “best seller” berjudul “Sukses Ada di Pikiran dan Infrastruktur Ekonomi”.

Pria yang juga aktif sebagai konsultan ekonomi manajemen keuangan dan properti menjelaskan cakupan ekonomi kreatif meliputi enam belas subsektor. Yaitu arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, film, animasi, dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik fashion. Lalu ada aplikasi dan game developer, penerbitan, periklanan, televisi dan radio, seni pertunjukan dan seni rupa.
Namun menurut Eko, tiga subsektor utama yang menopang ekonomi kreatif di Indonesia yakni kuliner, fashion dan kriya.

“Tiga sektor ini juga yang makin bergeliat di Bali yang merupakan destinasi pariwisata internasional,” ujar Eko.

Sementara subsektor ekonomi kreatif lain yang pertumbuhan bagus antara lain film animasi dan video, desain komunikasi visual, serta aplikasi dan pengembangan game.
“Untuk film animasi dan video potensi dikembangkan di Bali sangat besar apalagi dengan keunikan dan keragaman budaya yang bisa diangkat menjadi bumbu cerita,” terang Eko yang juga anggota REI (Real Estate Indonesia) dan pengurus Kadin Bali itu.
Mengutip data dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sektor ekonomi kreatif telah berkembang pesat di Indonesia. Pada tahun 2015 sektor ini menyumbang Rp 852 triliun atau 7,38 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB). Lalu pada tahun 2016 sektor yang menaungi industri film ini pun menyumbang PDB sebesar Rp 922,58 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 13,47 persen.
Tahun 2017 menyumbang Rp 990 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 17,4 persen. Sementara untuk tahun 2018 ini diproyeksikan menyumbang PDB sebesar Rp 1.041 triliun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 18,2 persen.

“Jadi secara nasional ekonomi kreatif akan menjadi kekuatan ekonomi baru yang mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan,” ujar Eko yang juga pernah mengabdi sebagai Tenaga Ahli Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *