BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Kaban Karantina Ajak Mitra Menjaga Kelestarian Sumber Daya Hayati Bali

whatsapp image 2023 04 09 at 19.10.05
Patroli Karantina Lalu Lintas Komoditas Pertanian Ramadan dan Jelang Idulfitri 1444 H di Pelabuhan Gilimanuk. (foto/ist)
banner 120x600

JEMBRANA (terasbalinbews.com). Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Bambang mengajak pemangku kepentingan di Pelabuhan Gilimanuk, Bali untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi. Demi menjaga kelestarian sumber daya hayati di Pulau Bali. Hal demikian disampaikan Bambang saat memimpin rapat Patroli Karantina Lalu Lintas Komoditas Pertanian Ramadan dan Jelang Idulfitri 1444 H di Pelabuhan Gilimanuk.

“Pulau Bali masih aman dari LSD (Lumpy Skin Disease, red) sehingga perlu kolaborasi untuk menjaganya tetap aman. Kasus LSD sudah ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Oleh karena itu, bersama-sama kita harus menjaga tidak ada lalu lintas sapi dari luar (Pulau Bali),” tutur Bambang kepada awak media di sela-sela Patroli Karantina, Kamis (6/4/2023) malam.

Pasalnya, menurut Bambang, Pulau Bali adalah salah satu sentra sapi di Indonesia. Kebutuhan daging sapi untuk Ramadan dan Lebaran Idulfitri menurutnya masih aman ketersediaan dan stoknya. Namun, perlu antisipasi gejolak jelang Iduladha nanti. Di mana kebutuhan sapi potong akan meningkat.

“Sapi di Pulau Bali harus dijaga supaya tidak terjangkit juga (LSD). Bisa ke luar pulau tapi dari luar tidak bisa masuk. Saya juga sudah berkoordinasi dengan otoritas veteriner pusat maupun daerah untuk mengantisipasi dan juga penanganan di daerah terjangkit melalui vaksinasi. Karena vaksin LSD ini perlu masa inkubasi dua puluh delapan hari. Jadi harus segera dilakukan vaksin sejak sekarang,” jelas Kabarantan Bambang.

Hal senada juga disampaikan Bambang sebelumnya pada Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Ia pun meminta seluruh mitra Karantina termasuk pelaku usaha memahami kondisi terkini. Selain itu, Bambang mengajak mitra di pelabuhan untuk melakukan pengawasan terhadap lalu lintas hewan pembawa rabies (HPR).

“Pulau Bali sejak 2008 melalui Permentan ditetapkan sebagai kawasan Karantina rabies. Oleh karena itu, harus dijaga jangan ada lalu lintas media pembawa rabies baik dari Ketapang maupun sebaliknya. Kerja kita bersama untuk menjaganya,” jelasnya.

Ketersediaan dan Stok Bahan Pokok Aman

Bambang menyampaikan hasil Patroli Karantina lalu lintas komoditas pertanian di Pelabuhan Gilimanuk berjalan lancar. Pejabat Karantina Pertanian Denpasar dan Surabaya melaksanakan tugasnya dengan baik, tentunya juga atas peran kerja sama instansi lain. “Harga bahan pokok relatif turun. Tidak ada fluktuasi seperti tahun sebelumnya. Semoga tetap stabil,” imbuhnya.

Menanggapi sinergisitas pengawasan lalu lintas komoditas pertanian di Bali, Putu Terunanegara selaku Plt. Kepala Karantina Pertanian Denpasar menyampaikan sudah terjalin sangat baik. “TNI, Polri, Pelindo, dan instansi lainnya selalu turut berperan bersama Karantina dalam pengawasan lalu lintas komoditas pertanian dan memastikan kelancarannya,” ungkapnya.

Sebelumnya Bambang didampingi Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani Wisnu Wasisa Putra dan Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Adnan, juga menyempatkan meninjau aset serta sarana & prasarana wilayah kerja dari Karantina Pertanian Surabaya, seperti di Purbolinggo dan Situbondo. Hal tersebut dilakukan Bambang untuk memastikan pemeliharaan aset dan layanan karantina yang prima berjalan optimal.

“Pastikan IKH (instalasi karantina hewan) selalu siap untuk digunakan. Kapan saja hewan ternak masuk sudah siap. Jaga pemeliharaannya supaya kantor wilker dan lingkungannya nyaman. Bila perlu tanami dengan pohon buah atau lainnya,” pungkas Bambang. (*/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *