BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

OJK KR 8 Gelar Inklusi Keuangan di Desa Bengkala Buleleng

Inklusi keuangan OJK KR 8 di Desa Bengkala, Buleleng, Minggu (8/10/2023). (foto/ist)
banner 120x600

BULELENG (terasbalinews.com).  OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara bersama seluruh pemangku kepentingan terus berupaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan khususnya perdesaan melalui kegiatan Bulan Inklusi Keuangan Ring Desa Bengkala untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perdesaan.

“Inklusi keuangan harus inklusif menjangkau seluruh lapisan masyarakat termasuk kaum marginal. Hal inilah yang melatarbelakangi Desa Bengkala ditetapkan sebagai pilot project GM EKI selain potensi UMKMnya yang dapat diberdayakan,” kata Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Kristianti Puji Rahayu dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan di Desa Bengkala, Buleleng, Minggu (8/10/2023).

Kristrianti mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam mendorong keterbukaan dan kemudahan akses keuangan bagi seluruh lapisan masyarakat, karena akses keuangan merupakan hak dasar bagi seluruh masyarakat dan memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup seseorang, serta mewujudkan kemandirian ekonomi melalui kemudahan akses keuangan.

“Akses keuangan harus merata dan dilakukan secara inklusif dan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Jika kita bicara inklusi maka no one left behind. Literasi keuangan yang memadai dan keuangan yang inklusif akan berkontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah,” kata Kristrianti Puji Rahayu.

Lebih lanjut, Kristrianti juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan membantu masyarakat memiliki kesempatan untuk memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan secara lebih optimal dalam merencanakan keuangannya seperti untuk menabung, mendukung kegiatan usaha, berinvestasi dan lainnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Bulan Inklusi Keuangan (BIK) yang dilaksanakan pada Bulan Oktober setiap tahun. “BIK Ring Desa Bengkala” juga merupakan wujud sinergi antara OJK dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah, PUJK dan stakeholder lainnya yang tergabung dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Buleleng.

Kegiatan diisi dengan berbagai pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengenalan produk serta layanan jasa keuangan dari Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK). Selain itu, juga dilaksanakan pembukaan rekening berbagai produk jasa keuangan secara simbolis, antara lain Pembukaan Tabungan dari PT BPD Bali kepada Desa Bengkala dan Kelompok Ekonomi Masyarakat (KEM) Kolok Desa Bengkala, dan Rekening Simpanan Pelajar oleh PT BPR Nusamba Kubutambahan Kepada Siswa Siswi SD Negeri 2 Bengkala.

Selain itu juga dilaksanakan pembukaan Rekening Tabungan Emas oleh PT Pegadaian KC Singaraja Kepada Ketua PKK Desa Bengkala, Produk Reksadana oleh PT BRI Danareksa Sekuritas kepada Masyarakat Desa Bengkala, dan Pembukaan Produk Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS) oleh PT Jasindo KC Denpasar Kepada KEM Kolok Bengkala.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Buleleng, Perbekel Desa Bengkala, Direktur Kredit dan Direktur Kepatuhan PT BPD Bali, Direktur Utama PT BPR Nusamba Kubutambahan, Deputy Bisnis PT Pegadaian Area Denpasar 2, RO Manager PT Asuransi Jasa Indonesia KC Denpasar, Representative PT BRI Danareksa Sekuritas, Pemilik Tenun Ikat Werdhi Budaya Klungkung.

OJK juga melakukan literasi dan edukasi keuangan, pengenalan OJK serta mengadakan Bali Banjar Quis (BBQ) bersama Bali TV yang melibatkan ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Karang Taruna dan Pecalang. Serta terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan secara simbolis yakni penyerahan CSR oleh BPD Bali berupa kursi dan TV kepada Desa Bengkala dan 2 (dua) ekor sapi betina kepada KEM Kolok (warga difabel) yang telah diasuransikan melalui Asurasi Usaha Ternak Sapi oleh Jasindo, simbolis penyerahan pembukaan rekening Simpel kepada seluruh sisawa SD 2 Desa Bengkala yang berjumlah sebanyak 70 orang siswa oleh PT BPR Nusamba Kubutambahan, simbolis penyerahan produk reksa dana oleh BRI Dana Reksa kepada anggota masyarakat Desa Bengkala dan simbolis penyerahan tabungan emas kepada ibu-ibu PKK di Desa Bengkala. Seluruh lapisan masyarakat Desa Bengkala sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Sebelumnya, OJK bersama dengan Universitas Udayana dan Industri Jasa Keungan telah melakukan KKN Literasi dan Inklusi Keuangan di Desa Bengkala dengan melaksanakan berbagai kegiatan edukasi tematik keuangan dan non keuangan dalam rangka meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Bengkala salah satunya dengan menyediakan pojok literasi di Kantor Kepala Desa Bengkala. Selain literasi dan inklusi keuangan OJK juga berupaya melakukan peningkatan kualitas dan business matching terhadap UMKM tenun endek KEM Kolok melalui capacity building di Rumah Tenun Werdhi Budaya selaku off-taker.

Berbagai upaya, sinergi dan kolaborasi dilakukan OJK dengan TPAKD Kabupaten Buleleng, PUJK dan stakeholders terkait untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan di daerah khususnya di Desa Bengkala agar akses masyarakat terhadap layanan dan produk keuangan merata. Diharapkan upaya ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Bengkala menjadi lebih baik, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan dapat membantu masyarakat dalam merencanakan keuangan dengan lebih baik. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *