BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Penampilan 700 Penari Pendet Tandai Pembukaan Nusa Penida Festival 2023

Pembukaan Festival Nusa Penida 2023. (foto/ist)
banner 120x600

KLUNGKUNG (terasbalinews.com). Setelah sempat vakum hampir selama 3 tahun akhirnya Gelaran Nusa Penida Festival 2023 kembali berlangsung yang ditandai dengan Ritual Ngaturan Pakelem di pesisir pantai Sampalan, Desa Batununggul, Nusa Penida, Kamis (5/10/2023) yang dilakukan Bupati Klungkung Nyoman Suwirta dan dihadiri undangan lainnya.

Ritual tersebut diiringi sekitar 700 penari Pendet Pasepan dari Desa Adat Dalem Setra Batununggul. Pembukaan Nusa Penida Festival 2023 bertempat di Lapangan Umum Nusa Penida, Br. Sampalan, Desa Batununggul Kecamatan Nusa Penida dengan mengusung Tema “EMBRACHING ISLAND LIFE’’ yang berarti wujud dari masyarakat pesisir yang berkarakteristik budaya dan tradisi serta lingkungan yang dapat dinikmati wisatawan.

Gelaran akbar ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 5 s/d 7 Oktober 2023. Sebelum Pembukaan Nusa Penida Festival 2023 diawali dengan rangkaian Pementasan tari penyambutan Pendet Pasepan yang dipentaskan oleh 700 orang ibu- ibu krama Desa Adat Dalem Setra Batununggul .

Ritual Upacara Ngaturang Pekelem di segara Batununggul ,Nusa Penida dipuput oleh Ida Sira Empu Brahma Widya Nandaraksita yang dilaksanakan oleh Ida Dalem Semaraputra dan Bupati Klungkung kemudian dilanjutkan dengan Persembahyangan bersama dipandu oleh Ketua MDA Kab. Klungkung Dewa Made Tirta.

Kegiatan Nusa Penida Festival 2023 ini dibuka Secara Langsung Oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan cara memukul kentongan bersama para tamu undangan yang hadir Kegiatan ini dihadiri oleh Mentri Parekraf yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf/Barekraf RI Ibu Kurleni Kukar,MSC , PJ Gubernur Bali yang diwakili oleh Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Setda Prov. Bali, Ida Dalem Semaraputra, Ketua DPRD Kab.Klungkung Anak Agung Gde Anom, Kajari Klungkung Dr. Lapatawe B. Hamka, yang mewakili Ketua Pengadilan Negeri Klungkung ,Kapolres Klungkung AKBP Nengah Sadiarta dan Para OPD Kab.Klungkung beserta para undangan lainnya.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu undangan serta masyarakat yang hadir dalam pembukaan Nusa Penida Festival Nusa Penida 2023 yang ke 6 tahun dan Fastival ini digelar untuk mengembalikan warga Nusa Penida karena melihat potensi di Nusa Penida yang sangat besar khususnya di bidang pariwisata.

“Dengan one Gate one Destination ini kedepan Nusa penida kalau anggaran sudah terpenuhi 2,3 Trilyun maka saya berani katakan Nusa Penida ini akan menghasilkan minimal 500 M pendapatan asli daerah dari retribusi pendapatan daerah,” ungkap Bupati Suwirta.

Lebih lanjut dikatakan maunya program ini dilaunching saat festival ini , namun masih melakukan pendekatan dengan masyarakat maupun pelaku pariwisata masih melakukan penataan aset aset yang ada.

Usai Serangkaian Nusa Penida Festival dilanjutkan dengan peninjauan pameran UMKM Nusa Penida , untuk meningkatkan pendapatan UMKM wilayah Nusa Penida juga meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Nusa Penida. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *