BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Amankan Side Event KTT ASEAN 2023 di Bali, PLN Siagakan 114 Personil untuk Pengamanan Pasokan Listrik

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Bali Selatan, Albert Safaria, saat melakukan penyiapan pasokan listrik untuk side event 29th ASEAN Socio-Cultural Community Council Meeting di Hotel Sofitel, Nusa Dua (foto/ist)
banner 120x600

BADUNG (terasbalinews.com). PT PLN (Persero) tengah menyiagakan pengamanan pasokan listrik untuk mendukung kesuksesan penyelenggaraan side event 29th ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC) Council Meeting yang berlangsung pada 7-9 Mei 2023 di Hotel Sofitel, Nusa Dua.

Pengamanan pasokan listrik yang dilakukan antara lain dengan menyiagakan 114 personil sejumlah peralatan pendukung antara lain 4 Unit UPS turut dihadirkan demi mengawal pergelaran internasional di bidang sosial budaya itu.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bali Selatan, Albert Safaria, menyampaikan, PLN menerapkan strategi operasi yang dilaksanakan untuk menjaga keandalan dan kontinyuitas penyaluran tenaga listrik selama kegiatan berlangsung.

“PLN menerapkan pola operasi dan proteksi defense scheme yaitu menetapkan pengamanan pasokan listrik yang berlapis sehingga mampu menghadirkan listrik tanpa kedip,” ucap Albert melalui siaran pers pada Senin (8/5/2023).

Menurutnya, forum-forum internasional yang diselenggarakan di Bali telah memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang memastikan tidak ada gangguan selama kegiatan berlangsung.

“Jika sampai terjadi gangguan, yakni terputusnya penyaluran listrik dari jaringan, PLN telah menyiapkan langkah – langkah penanganan dengan menggunakan suplai cadangan yang dapat berpindah secara otomatis, sehingga penyelenggara dan para peserta forum tidak akan merasa ada kedip, dan acara dapat berjalan lancar,” terangnya.

Albert juga menambahkan bahwa di sisi pembangkitan, sumber cadangan daya saat ini surplus hingga 26,3% persen.

“Beban puncak sub sistem Bali saat ini 938,2 mega watt (MW) dengan daya mampu pembangkit mencapai 1.273,5 MW, ini berarti kondisi sistem dalam keadaan aman dengan cadangan daya mencapai 335,3 MW,” jelasnya.

Namun, pihaknya turut menyediakan sarana pendukung lainnya seperti UPS mobile berkapasitas 2 x 250 kVA 2×100 kilo volt ampere (kVa), Genset 250 kVA serta memastikan tersedianya cadangan suplai listrik yang dimiliki pelanggan pemilik venue berupa genset yang berkapasitas 4 x 1250 kVA, 1 x 1500 kVA dan 2 x 1000 kVA. Keandalan pasokan listrik memiliki peran sentral dalam menyukseskan penyelenggaraan berbagai kegiatan dan forum baik berskala nasional maupun internasional.

Untuk itu, demi menjaga kondusivitas dan keamanan pasokan listrik, Albert mengimbau kepada masyarakat untuk terus aktif melapor jika melihat adanya potensi bahaya listrik yang berada di jaringan-jaringan listrik PLN melalui aplikasi PLN Mobile. (rls/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *