BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Cintai Lingkungan ala SOUL dengan Cairan Sejuta Manfaat (Eco Enzyme)

Cairan hasil fermentasi limbah organik dapur (Eco Enzyme) yang dituangkan di Danau Batur. (foto/ist)
banner 120x600

BANGLI (terasbalinews.com). Dalam rangka mewujudkan program Yayasan Cahaya Cinta Kasih (YCCK) yang berkaitan dengan aksi peduli lingkungan, SOUL Community bersama komunitas Eco Enzyme telah berkolaborasi dalam kegiatan SOUL Action membuat cairan hasil fermentasi limbah organik dapur (Eco Enzyme) untuk dituangkan di Area Danau Batur di sekitar Pura Segara Ulun dipilih untuk menjadi lokasi penuangan cairan Eco Enzyme.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pemeliharaan dan pelestarian lingkungan sehubungan dengan banyaknya bakteri yang mencemari Danau Batur sekaligus menurunnya populasi ikan disana,” ujar Bunda Arsaningsih selaku pendiri yayasan Cahaya Cinta Kasih, Minggu (9/7/2023).

Menurutnya, cairan Eco Enzyme memiliki banyak manfaat, salah satunya berfungsi sebagai katalisator untuk membantu menghaluskan partikel air sehingga dapat menembus lapisan sedimentasi dasar danau dan memperbaiki kualitas air yang semakin menurun akibat bakteri.

“Kegiatan menuangkan cairan Eco Enzyme di Danau batur juga merupakan upaya yang tepat untuk menetralisir bahan kimia dan menghilangkan bau tak sedap yang mengganggu penduduk sekitar danau tersebut,” ucapnya.

Dinas Perikanan Provinsi Bali juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan SOUL Action dengan menyediakan 5000 bibit ikan Nila yang diserahkan kepada SOUL Community untuk disebarkan di danau. Hal ini Sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kembali populasi ikan yang semakin sedikit disana. Para anak-anak yang tergabung dalam SOUL Teen dan SOUL Kid pun ikut dilibatkan dalam kegiatan ini.

Tujuan dilibatkannya anak-anak dalam kegiatan ini tak lain untuk mengedukasi mereka tentang betapa pentingnya peduli terhadap kelestarian lingkungan sejak dini. Mencintai lingkungan adalah bentuk kebaikan dan mengajak orang lain berkolaborasi bersama dalam suatu kegiatan positif merupakan wujud nyata tagline “Mari Bertumbuh Bersama” yang selalu digaungkan oleh SOUL.

“Kerendahan hati untuk melayani, saling belajar dan mengajarkan antar komunitas telah membuat acara ini sukses terselenggara dengan baik dan penuh cinta. Mari Bertumbuh Bersama Berbagi dan Melayani Lingkungan dengan Penuh Cinta,” tuturnya. Menjaga kelestarian lingkungan akan membuat kita mendapatkan hal yang baik dari lingkungan sekitar kita kelak. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai, tutupnya. (*/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *