BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Isi Ulang Daya Motor Listrik Kini Makin Efisien

PLN Hadirkan Inovasi SPLU Terbaru di KTT AIS Forum 2023

PLN hadirkan SPKLU dan kendaraan listrik di KTT AIS 2023. (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). PT PLN (Persero) menyediakan 48 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk melayani 676 unit kendaraan listrik yang diperuntukan bagi delegasi dan operasional selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic Island States (AIS) Forum 2023 mendatang.

“Pemasangan fasilitas SPKLU di 3 tempat untuk mendukung KTT AIS Forum 2023 ini telah 100 persen selesai dan telah diujicobakan sehingga siap digunakan,” kata I Wayan Udayana, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Senin (9/10/2023).

Udayana menambahkan penempatan SPKLU di tiga lokasi tersebut antara lain di lapangan parkir ITDC 1 dan 2 serta di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua.

Selain itu, pada penyelenggaraan KTT AIS Forum 2023 ini, PLN juga memasang inovasi terbaru yakni Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) generasi 2 yang merupakan penyempurnaan dari generasi sebelumnya.

“Ada fasilitas SPLU gen 2 yang telah terpasang untuk meningkatkan efisiensi pada pengisian ulang daya kendaraan motor listrik sehingga 1 SPLU dapat digunakan untuk melayani 6 motor listrik di saat yang bersamaan,” ungkapnya.

Jika dirinci lebih lanjut 48 SPKLU yang dihadirkan untuk menunjang mobilitas kendaraan delegasi dan operasional pada pertemuan internasional negara – negara pulau dan kepulauan ini, terdiri dari 12 unit SPKLU Ultra Fast Charging berkapasitas 200 kilowatt (kW), 16 unit SPKLU Stardard Charging dengan kapasitas 7,4 kW dan 20 unit SPLU Gen 2 dengan total 120 power socket.

Ketersedian SPKLU juga turut didukung dengan aplikasi penunjang yang dikembangkan oleh PLN antara lain dashboard monitoring ketersediaan SPKLU serta aplikasi Charge.in, sehingga semakin memudahkan tak hanya petugas saja namun juga Paspampres, serta pengemudi kendaraan listrik.

“PLN menyiapkan setidaknya 98 personel kompeten yang bertugas untuk membantu kelancaran pengisian ulang kendaraan listrik di 3 lokasi tersebut,” imbuh Udayana.

Terakhir dirinya mengatakan dengan inovasi baru infrastruktur EV charging dari PLN, serta masifnya penggunaan kendaraan listrik pada berbagai event internasional di Bali dan adanya kebijakan pemerintah melalui subsidi pembelian kendaraan listrik, diharapkan kepemilikan kendaraan listrik di masyarakat dapat terus meningkat. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *