BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Mau Beli Motor Listrik Lewat Aplikasi PLN Mobile? Begini Caranya

whatsapp image 2023 03 14 at 17.23.09
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo. (foto/ist)
banner 120x600

JAKARTA (terasbalinews.com). Masyarakat kini bisa beli motor listrik lewat PLN Mobile. Melalui menu Electric Vehicle (EV), PLN telah bekerja sama dengan pabrikan motor Volta, GESITS dan SELIS untuk memudahkan masyarakat memilih motor listrik favorit.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan langkah yang dilakukan PLN bersama Himbara dan manufaktur motor listrik ini untuk menyambut kebijakan pemerintah yang memberikan bantuan potongan harga Rp 7 juta per unit motor listrik untuk masyarakat. Harapannya, dengan kemudahan mengakses motor listrik bisa meningkatkan awareness masyarakat beralih ke kendaraan listrik.

“Pemerintah telah menyampaikan ada pemberian insentif Rp 7 juta untuk setiap pembelian motor listrik yang memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) minimal 40 persen. Untuk itu PLN dengan Himbara dan para produsen motor listrik hadir di sini dalam rangka membangun suatu ekosistem kendaraan listrik dan bagaimana kebijakan pemerintah itu bisa berjalan secara efektif,” ungkap Darmawan, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga:  Antara Teknologi dan Desain Harus Seiring Sejalan

Darmawan juga mengajak kepada para manufaktur motor listrik di Indonesia untuk terus meningkatkan TKDN dan memproduksi kendaraan secara lokal agar dapat turut berpartisipasi dalam mewujudkan ekosistem EV yang didukung oleh insentif pemerintah.

“PLN melalui SuperApp PLN Mobile berperan sebagai fasilitator produsen motor listrik untuk dapat memasarkan produknya dan juga sebagai one stop solution bagi pelanggan yang ingin melakukan pembelian motor listrik,” tambahnya.

Untuk melakukan Pembelian Motor Listrik melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan hanya perlu mengikuti beberapa langkah, yaitu :

1. Pilih menu “Marketplace”
2. Pilih kategori “Electric Vehicle”
3. Pilih Marketplace
4. Pilih jenis motor sesuai keinginan
5. Pilih tombol “Pesan Sekarang”
6. Isi “Alamat Pengiriman” (untuk pengguna baru)
7. Pilih tombol “Pengiriman oleh Seller” dalam kurir pengiriman
8. Pesanan akan diverifikasi
9. Pilih kanal pembayaran
10. Lakukan pembayaran sesuai dengan hasil verifikasi
11. Pesanan terkonfirmasi dan menunggu pengiriman

Baca Juga:  FEKDI 2023 : Sinergi dan Inovasi Ekonomi Digital untuk Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Pada kanal pembayaran masyarakat bisa langsung memilih paket kredit yang ditawarkan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara). Lewat kerja sama dengan BNI, BRI, Mandiri, BTN, dan BSI masyarakat dapat mengakses layanan kredit ringan kepemilikan motor listrik yang ditawarkan oleh masing masing bank.

Selain potongan harga Rp 7 juta tersebut, PLN juga menyiapkan voucer potongan tarif listrik. Voucer ini otomatis didapatkan oleh para pelanggan yang baru pertama kali memiliki motor listrik.

“Voucer ini nanti bisa dimanfaatkan baik untuk pelanggan pasca bayar maupun prabayar yang menggunakan token. PLN juga memberikan berbagai promo menarik bagi masyarakat yang bertransaksi melalui PLN Mobile,” kata Darmawan.

Lewat platform EV pada aplikasi PLN Mobile, masyarakat juga dimudahkan dalam mencari tahu lokasi Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) terdekat. Melalui platform ini, masyarakat juga dapat memantau pengeluaran biaya mengisi daya motor listrik.

Baca Juga:  TFP - Teknologi Blockchain Untuk Pengembangan Lahan Pertanian di Jatiluwih

Saat ini PLN telah mengoperasikan 1.056 unit SPBKLU dan 6.705 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang bisa digunakan masyarakat untuk melakukan pengisian daya kendaraan listriknya.

“Masyarakat tak perlu ragu lagi untuk beralih ke kendaraan listrik. Dari Hulu sampai Hilir PLN sudah siapkan semuanya, masyarakat semakin mudah dan kita bersama sama bisa menciptakan bumi yang lebih ramah lingkungan,” tutup Darmawan. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *