BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

“Pajak Bertutur” DJP Bali Menyasar SMA 3 Denpasar

"Pajak Bertutur" di SMA 3 Denpasar. (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali (Kanwil DJP Bali) mengadakan acara Pajak Bertutur Tahun 2023 dengan tema “Sadar Pajak, Bukti Peduli Pada Negeri”. Kali ini, acara tersebut diadakan di Aula SMAN 3 Denpasar, Kamis (27/7/2023).

Acara ini dihadiri oleh 100 peserta, yang merupakan siswa kelas X dari SMAN 3 Denpasar. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Kepala Kanwil DJP Bali, Nurbaeti Munawaroh, dan Kepala SMAN 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Waskito Eko Nugroho, saat menyampaikan laporan kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan pajak bertutur ini diselenggarakan secara serentak oleh unit kerja di bawah Kanwil DJP Bali di 12 sekolah di Bali pada tanggal 27 Juli 2023.

Nurbaeti menyampaikan paparan mengingatkan peserta mengenai kondisi Bali saat pandemi Covid-19 yang sangat sepi, bahkan diibaratkan sebagai “Kota Mati”. Ia juga mengingatkan bahwa anggaran untuk membeli vaksin Covid-19, yang mencapai lebih dari 100 triliun, berasal 80% dari sumber pajak.

“Dengan demikian, penting bagi para siswa untuk memahami manfaat pajak yang dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Nurbaeti.

Nurbaeti juga menekankan bahwa sekolah negeri seperti SMAN 3 Denpasar didanai dari anggaran APBN, yang sebagian besar berasal dari pajak. Lebih dari 20% anggaran APBN dialokasikan untuk pendidikan.

Kepala SMAN 3 Denpasar, Kadek Dwi Rustinawati, menyampaikan rasa terima kasih atas dipilihnya SMAN 3 Denpasar sebagai salah satu tempat pelaksanaan acara Pajak Bertutur. Ia berpendapat bahwa kegiatan ini penting untuk mengenalkan konsep pajak sejak dini kepada siswa, karena mereka adalah calon pahlawan bangsa.

“Pembayaran pajak memiliki peran penting dalam membiayai dana bos dan pembangunan tempat ibadah yang berkualitas,” ucap Kadek Dwi.

Setelah itu, acara Pajak Bertutur dilanjutkan dengan penyampaian materi kesadaran pajak oleh Fungsional Penyuluh Kanwil DJP Bali, yaitu Mozes D.F. Nangi dan Dedik Herry Susetyo. Selama acara berlangsung, siswa diajak untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan dengan melalui kuis, games, dan sesi tanya jawab. Kanwil DJP Bali juga memberikan hadiah kepada siswa yang aktif dan berpartisipasi dalam acara ini.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat, Waskito Eko Nugroho, berharap bahwa melalui acara Pajak Bertutur ini, para siswa, yang kelak akan menjadi wajib pajak, dapat lebih memahami arti dan manfaat dari pajak. Dengan tagline “Sehari Mengenal, Selamanya Bangga,” diharapkan siswa dapat memahami konsep Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, serta hak dan kewajiban perpajakan, sehingga ketika mereka sudah berpenghasilan, mereka tidak akan bingung dalam membayar pajak dan melaksanakan kewajiban perpajakannya. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *