BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Pemanfaatan Lahan Tegalan, Badung Sebar Bibit Tanaman Produktif

Pemberian bibit kelapa di Badung. (foto/ist)
banner 120x600

​MANGUPURA (terasbalinews.com). Untuk mendorong pemanfaatan lahan tegalan dan lahan kosong, Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan membagikan ribuan bibit tanaman produktif seperti kelapa genjah, durian, alpukat, manggis, cabai, terong dan bibit tanaman bunga yang diharapkan dapat meningkatkan produksi komoditi perkebunan dan kesejahtraan masyarakat.

Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Wijana, Minggu (18/6/2023) saat dikonfirmasi mengakui bahwa minat masyarakat untuk mendapatkan bantuan bibit tanaman perkebunan saat ini cukup tinggi baik melalui subak abian maupun kelompok tani. Pihaknya menyambut baik antusias masyarakat untuk memanfaatkan kembali lahan tegalan termasuk lahan dibelakang rumah atau teba yang semakin menyusut karena terdesak dengan kebutuhan akan pemukiman warga.

Sejak tahun 2020 hingga kini pihaknya sudah menyebar sekitar 107 ribu bibit berbagai jenis tanaman hal ini dilakukan karena kebutuhan akan komoditi perkebunan seperti kelapa dan permintaan akan buah alpukat, manggis serta durian juga terus meningkat dipasaran. Khusus untuk kebutuhan kelapa di Bali sangat tinggi karena terkait dengan sarana upacara keagamaan.

“Untuk mengantisipasi permintaan kelapa khususnya untuk upacara agama, pihaknya sudah menyebarkan sekitar 6000 bibit kelapa genjah. Bibit tanaman yang sudah disebar apabila dirawat dengan baik sekitar 3 sampai 4 tahun akan mulai berproduksi,” katanya. (*/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *