BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Pemprov Bali Minta Aset Tanahnya Ditanami Bahan Pangan Demi Tekan Inflasi

Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya. (Foto/ist)
Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya. (Foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Penjabat (Pj) Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya meminta pemerintah kabupaten/kota di Bali agar memanfaatkan tanah provinsi untuk menanam bahan ketersediaan pangan untuk menekan inflasi.

Mahendra juga mengingatkan agar penanaman bahan pangan dilakukan serempak di seluruh Bali.

“Dengan aneka bahan pangan dan menggunakan lahan milik Pemprov (Hak Guna Pakai), sehingga antar Kabupaten dapat saling bertukar bahan pangan yang diperlukan oleh warganya,” kata Mahendra Jaya, Jumat (3/5/2024) lalu.

Mahendra menyebut, inflasi di Bali pada bulan April 2024 tercatat sebesar 4,02%(yoy) atau mengalami peningkatan dibandingkan bulan Maret sebesar 3,67% (yoy).

Hal ini disebabkan oleh menumpuknya sejumlah hari raya keagamaan yang berbarengan di bulan yang sama, dan kenaikan harga akibat jumlah komoditas yang terbatas.

Lebih jauh, Mahendra mengatakan terdapat tiga  kelompok pengeluaran tertinggi penyumbang inflasi bulanan, yakni kelompok makanan, minuman dan tembakau.

Kemudian, kelompok transportasi dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran.

Sementara lima (5) komoditas dengan andil terbesar pada inflasi bulanan yaitu bawang merah, tomat, daging ayam ras, beras, minyak goreng, dan sawi hijau.

“Dengan kondisi yang terjadi saat ini, perhatian lebih lanjut diperlukan untuk mengendalikan inflasi dan mempertahankan stabilitas perekonomian di Bali,” jelas Mahendra Jaya.

“Inflasi yang rendah dan stabil merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah sosok kelahiran Singaraja tersebut. (nan)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *