BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

PLN Ajak UMKM Penyandang Disabilitas Pasarkan Produk di Marketplace PLN Mobile

Inklusi dan Digitalisasi UMKM

Tim pemasaran ULP Gianyar bersama pelaku UMKM disabilitas Tree Brother dan Family. (foto/ist)
banner 120x600

GIANYAR (terasbalinews.com). PT PLN (Persero) mendorong berbagai Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk UMKM disabilitas untuk memanfaatkan digitalisasi pemasaran melalui fitur marketplace di aplikasi PLN Mobile.

Upaya ini dilakukan untuk mendukung inklusivitas dan digitalisasi UMKM agar keleluasaan pasar dapat dijangkau setara oleh seluruh pihak secara merata.

Tak terkecuali UMKM disabilitas Tree Brother + Family asal kelurahan Kedewatan, Ubud, Gianyar, yang memproduksi olahan makanan kripik yang berasal dari daun kelor, buah, maupun umbi – umbian seperti keladi dan talas ini turut bergabung di marketplace PLN Mobile.

“Kami berharap dengan bergabung menjual produk di marketplace PLN Mobile, omzet pendapatan dapat meningkat, sehingga selanjutnya kami dapat mengembangkan produk tak hanya olahan makanan saja, tapi juga produk asesoris lainnya seperti gelang dan kalung,” ujar Ketut Budiarsa. Senin (14/8/2023).

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menjelaskan bahwa PLN berkomitmen terhadap peningkatan ekonomi digital khususnya di Bali.

Ia menambahkan bahwa dalam transformasi digitalisasi PLN melalui layanan di PLN Mobile turut mengikutsertakan pemberdayaan UMKM yang selama ini telah dilakukan secara luring.

“Saat ini setidaknya ada 34 UMKM di Bali telah bergabung secara aktif di marketplace PLN Mobile,” imbuhnya.

Udayana mengatakan tak hanya platform digitalnya saja yang disiapkan, namun PLN secara kontinyu mendorong masyarakat umum untuk mendukung UMKM lokal dengan bertransaksi di marketplace PLN Mobile.

“Dalam rangka HUT RI ke – 78, PLN meluncurkan program Gebyar Kemerdekaan, yang memberikan kemudahan bagi pelanggan yang ingin melakukan tambah daya dan di saat yang bersamaan juga ikut menggerakan UMKM yang terdaftar di PLN Mobile,” ucapnya.

Lebih lanjut, Ia menyebutkan bagi masyarakat yang ingin memperoleh voucher tambah daya dengan harga Rp 170.845,-, cukup melakukan transaksi di marketplace PLN mobile dengan 1 kali transaksi minimal Rp 78.000,-.

Udayana mengatakan promo ini hanya berlaku untuk penambahan daya pada semua golongan tarif mulai dari 450 volt ampere (VA) sampai dengan 4.400 VA dengan pilihan daya akhir maksimal 5.500 VA.

“Sejak diluncurkan pada 1 Agustus lalu, promo ini telah dinikmati oleh 1.341 pelanggan se – Bali, dan diharapkan dapat terus meningkat hingga promo berakhir pada 31 Agustus mendatang,” terangnya.

Terakhir, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan momen ini untuk memenuhi kebutuhannya dari UMKM lokal, sekaligus memperoleh kesempatan untuk menambah daya listrik di rumah dengan harga terjangkau. (*/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *