BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

PLN Berusaha Mengatasi Gangguan Pasokan Listrik di Nusa Penida

Unit mesin Pembangkit pada PLTD Nusa Penida. (foto/ist)
banner 120x600

KLUNGKUNG (terasbalinews.com). PT PLN (Persero) telah memastikan bahwa mereka akan segera mengambil langkah-langkah untuk memulihkan pasokan listrik di Nusa Penida.

Seperti dikeahui saat ini, Nusa Penida mengalami keterbatasan pasokan listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Hal ini disebabkan oleh peningkatan kebutuhan listrik setelah Covid-19, yang sebelumnya sebesar 7,2 MW meningkat menjadi 10,7 MW.

I Wayan Udayana, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, menjelaskan bahwa untuk memenuhi kebutuhan listrik yang sangat tinggi di Nusa Penida, 7 unit PLTD dengan kapasitas 1,4 Megawatt (MW) masing-masing harus beroperasi selama 24 jam tanpa pemeliharaan. Namun, saat ini salah satu unit mengalami gangguan.

Udayana menambahkan bahwa untuk mengatasi kondisi ini dalam jangka pendek, PLN telah menambah beberapa unit genset dengan kapasitas antara 50 kVA hingga 250 kVA.

“PLN telah memobilisasi 23 unit genset dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan NTB yang akan dioperasikan sementara untuk mengatasi kekurangan daya di Nusa Penida,” katanya.

Dia juga menyebutkan bahwa perbaikan pada 2 unit PLTD masih sedang berlangsung dan diharapkan akan segera beroperasi dalam beberapa hari mendatang.

Selain itu, pada malam hari terutama saat beban puncak, PLN juga mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 3,5 MWp yang dilengkapi dengan Battery Energy Storage System (BESS) dengan durasi pengoperasian maksimum selama 2 jam.

“Untuk jangka panjang, PLN akan memasukkan rencana pengembangan kelistrikan Nusa Penida ke dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) sebagai langkah antisipasi terhadap pertumbuhan pembangunan di Nusa Penida,” tambahnya.

PLN juga bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Bupati Klungkung, forkompinda, dan kepala desa di seluruh Nusa Penida, guna memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi.

“Kami mengapresiasi Bupati Klungkung dan perangkat desa di Nusa Penida yang telah membantu PLN dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, dan kami berharap kerja sama ini terus berlanjut,” ujarnya.

Selain itu, PLN juga berusaha meringankan kesulitan masyarakat dengan memberikan bantuan lampu darurat yang dapat digunakan saat terjadi pemadaman listrik akibat kekurangan daya.

Terakhir, dia berharap mendapatkan dukungan dan doa dari semua pihak dan masyarakat agar upaya PLN dapat berjalan lancar dan kondisi kelistrikan di Nusa Penida segera pulih dengan segera. (*/tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *