BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Putu Rudana: Diperlukan Peran Aktif BKSAP dalam Akselerasi Pencapaian SDGs

(Tengah) Putu Supadma Rudana, sebagai Ketua Delegasi Parlemen Indonesia bersama delegasi antar parlemen di New York. (foto/ist)
banner 120x600

JAKARTA (terasbalinews.com). Delegasi Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menghadiri Forum Tingkat Tinggi Politik (HLPF) di Markas Besar PBB di New York pada 18 Juli 2023. Putu Supadma Rudana, sebagai Ketua Delegasi Parlemen Indonesia, menyatakan bahwa forum antar Parlemen dalam HLPF 2023 membahas tentang peran dan tantangan Parlemen dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) secara lebih cepat.

“HLPF 2023 membahas pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), termasuk akses terhadap air bersih dan pengembangan indeks yang mengutamakan kehidupan manusia dan lingkungan,” kata Putu Rudana dalam pernyataannya  Jumat (21/7/2023).

Putu, yang juga merupakan Wakil Ketua BKSAP DPR RI, menegaskan bahwa BKSAP DPR RI secara konsisten mendukung tercapainya SDGs di Indonesia. Oleh karena itu, Parlemen sebagai pembuat kebijakan akan bekerja sama dengan pemerintah untuk memprioritaskan SDGs dalam penyusunan kebijakan, anggaran, dan pengawasan.

“Namun, kami menyadari ada tantangan dalam mencapai SDGs di Indonesia, dimana baru tercapai sebesar 63 persen dari target nasional, yang harus dicapai pada tahun 2030,” ujar legislator asal Bali ini.

Oleh karena itu, Putu mendorong Parlemen untuk segera mengambil tindakan kolektif dalam menghadapi tantangan ini. Dia juga menekankan pentingnya negara-negara maju untuk mewujudkan komitmen mereka terkait bantuan dan pendanaan program pembangunan berkelanjutan di negara-negara berkembang.

Selama acara sidang HLPF, delegasi BKSAP DPR RI juga mengadakan pertemuan dengan perwakilan dari UN Water. Dalam pertemuan tersebut, Indonesia meminta dukungan dari UN Water untuk mendukung World Water Forum 2024 yang akan diadakan di Bali tahun depan.

“Delegasi BKSAP meminta UN Water untuk memberikan bantuan dalam hal pengembangan kapasitas dan transfer teknologi untuk program pemerataan air bersih dan sanitasi, serta menjadi penghubung dalam hal pendanaan dengan pihak-pihak terkait,” tambahnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Presiden IPU Duarte Pacheco dan sekjen IPU Martin Chungong. (*/wib)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *