BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

KPU Bali Siapkan Relawan Demokrasi untuk Genjot Partisipasi Pemilih

Anggota KPU Bali I Gde John Darmawan. (Foto/nan)
Anggota KPU Bali I Gde John Darmawan. (Foto/nan)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menyiapkan Relawan Demokrasi demi upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih Pilkada Serentak.

Komisioner KPU Bali I Gde John Darmawan mengatakan, ide tersebut bermula dari pengalaman kepemiluan satu dasawarsa lalu tepatnya 2014.

“Relawan demokrasi ini kita bentuk sebenarnya ini kan dari pengalaman kepemiluan di tahun 2014, dan itu secara signifikan memang meningkatkan partisipasi pemilih,” tutur John Darmawan, Kamis (30/5/2024).

John menambahkan, KPU Bali telah menyiapkan anggaran khusus untuk merekrut Relawan Demokrasi menyambut Pilkada Serentak. Akan tetapi, mereka tidak diberi honor.

“Hanya diberikan uang transportasi ketika melakukan proses penugasan yang dilakukan oleh KPU,” lanjut John Darmawan.

John menyampaikan, semua lapisan masyarakat bisa mendaftarkan diri sebagai Relawan Demokrasi sesuai segmentasi mereka.

“Umpamanya disabilitas kami utamakan bagi saudara-saudara penyandang disabilitas, dari segmen agama yang memang memahami proses-proses agama, perempuan ya perempuan, milenial ya tentu saja, pemilih pemula ya sudah pasti mereka yang sudah paham,” tandas mantan Ketua KPU Kota Denpasar tersebut.

KPU Bali sendiri menargetkan 75 persen partisipasi pemilih Pilkada Serentak 2024 yang akan berlangsung 27 November mendatang. (nan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *