BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Sosialisasikan Program Nasional, Gus Adhi Bersama Kepala ATR/BPN Bali Serahkan Sertifikat PTSL di Klungkung

img20230303095611
Penyerahan secara simbolis PTSLdi Klungkung. (foto/tbn)
banner 120x600

KLUNGKUNG (terasbalinews.com). Anggota Komisi II DPR RI, A. A. Bagus Adhi Mahendra Putra (Gus Adhi), bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bali menggelar Sosialisasi Program Strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tahun 2023 di Hotel Wyndham Tamansari Jivva Resort, Banjarangkan, Klungkung, Jumat (3/3/2023).

Dalam pemaparannya, Gus Adhi mengungkapkan bahwa program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Klungkung diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan tanah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah Klungkung.

“Sertifikat, disamping sebagai kepastian hukum atas tanah, harapannya sertifikat itu sudah satu, bagaimana caranya agar jadi dua, agar beranak. Jadi, harus sebagai suatu pemicu dalam meningkatkan kesejahteraan bapak dan ibu sekalian. Jangan terbalik, dari sekarang mempunyai surat, dan akhirnya surat tak punya tanah pun juga tak punya,” ungkap Gus Adhi.

Lebih lanjut, ia mengajak segenap masyarakat Klungkung untuk ikut menyukseskan program PTSL dengan mengajak mereka yang masih belum memiliki sertifikat tanah untuk melakukan sertifikasi melalui lembaga BPN, sehingga program 4000 sertifikat PTSL untuk Provinsi Bali pada 2023 dapat tercapai.

“Yang terpenting saya sampaikan, keluar ruangan ini, bapak dan ibu sekalian harus menjadi jubir-nya (juru bicara) BPN. Apa tugas jubir-nya? Mensosialisasikan program PTSL ini. Kalau ada masyarakat yang belum melakukan pendaftaran atas tanahnya, segera lakukan. Jadi, mendukung program PTSL ini, agar permasalahan-permasalahan tanah segera tertuntaskan,” tambahnya.

Gus Adhi menyampaikan keberhasilan PTSL ini juga tidak terlepas dari indikator persepsi masyarakat dalam pelayanan pelaksanaan PTSL diantaranya menyangkut kesederhanaan, kejelasan, kepastian waktu, akurasi, keamanan, tanggung jawab, sarana prasarana, kemudahan akses, kedisiplinan, kesopanan, keramahan, dan kenyamanan.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Bali, Ir. Andry Novijandri, mengungkapkan realisasi PTSL Tahun 2022 di Provinsi Bali untuk K1 sebanyak 24.415 bidang tanah dengan capaian SHAT 99,1%. Sedangkan realisasinya di tahun 2023, target PTSL di Provinsi Bali untuk SHAT sebanyak 11.489 bidang tanah dengan sebaran Gianyar (1.649), Klungkung (3.068), Bangli (556) dan Karangasem (6.216).

Selain sosialisasi, Gus Adhi bersama Kanwil BPN Provinsi Bali, Andrey Novijandri juga menyerahkan 2000 lebih sertifikat tanah kepada masyarakat di wilayah Semarapura Kauh dan Semarapura Kelod Kangin yang dilakukan secara simbolis. Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kanwil BPN Provinsi Bali, Andry Novijandri dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Klungkung, I Made Herman Susanto, dan masyarakat penerima sertifikat di Kabupaten Klungkung. (pri)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *