BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Tinggalkan Cara Manual, Beralih ke Kasir Online-Posy Pilihannya

Tinggalkan cara manual
KASIR ONLINE-Vlad Ayukaev saat mempresentasikan sekaligus memperkenalkan kasir online (Posy) dihadapan wartawan.Foto/Ist
banner 120x600

Diterangkan secara terperinci, Vlad Ayukaev menyebut berdasarkan hasil penelitian tim kasir online Posy, 37 persen dari seluruh pengusaha kecil atau UMKM di Jakarta memilih menjalankan usaha perdagangan, baik grosir maupun eceran.

Baca juga :Pemerintah Apresiasi Penolakan Uji Materil UU HPP oleh MK

Sedangkan 30 persen menjalankan usaha catering dan restoran, serta 7 persen membuka usaha jasa pengiriman. Di antara semua usaha di Jakarta, persentase usaha mikro adalah 98,78 persen. Ungkapnya lebih lanjut, persentase sektor UMKM ini sangat tinggi karena dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya kepedulian pemerintah daerah terhadap sektor UMKM dan kondisi yang mendukung perkembangan di wilayah terpadat di Indonesia itu.

Pada tahun 2021, Pemerintah Indonesia mengalokasikan Rp744,7 triliun rupiah untuk melawan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi. Dari anggaran tersebut, Rp162,4 triliun digunakan untuk membantu UMKM dan koperasi, termasuk dengan pemberian bantuan modal kerja.

“Selama beberapa bulan terakhir, tim penjualan kasir online Posy telah mengunjungi lebih dari 17.000 gerai. Dari jumlah tersebut, 77,4 persen UMKM dijalankan oleh pemiliknya sendiri dan hanya 22,6 persen yang memiliki beberapa pegawai,” ungkap Vlad Ayukaev.

Baca juga :Menhan Prabowo Dorong Revolusi STEM, Aptisi Tuntut Hapus Biaya Akreditasi dan Jatah KIP

Faktanya, para pemilik usaha yang mengelola transaksi dengan manual tidak mampu membayar karyawan untuk bisnis. Bisnis ini diandalkan untuk penghasilan dari hari ke hari, bukan untuk ekspansi bisnis. Sebagian besar tidak memisahkan keuntungan dan pendapatan.

Kondisi ini jelas Vlad Ayukaev kemungkinan besar akan berujung pada kebangkrutan. Sebelum terlambat Vlad Ayukaev mengajak para pelaku UMKM untuk memperbaiki pembukuan sehingga seluruh transaksi tercatat dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *