BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Tingkatkan Kerja Sama BKSAP DPR RI Menerima Kunjungan Delegasi INTA

Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua BKSAP DPR RI saat menemani delegai INTA. (foto/ist)
banner 120x600

JAKARTA (terasbalinews.com). Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI menerima kunjungan delegasi Komite Perdagangan Internasional European Parliament (INTA) ke DPR RI di Kompleks Senayan, Jakarta Pusat pada Kamis (22/6/2023). Kunjungan delegasi tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang, terutama dalam sektor perdagangan.

Ketua Delegasi INTA, Bernd Lange, beserta beberapa anggota delegasi, pertama kali melakukan kunjungan ke Indonesia. Putu Supadma Rudana, Wakil Ketua BKSAP DPR RI, merespon positif kunjungan tersebut sebagai momentum yang baik. Selain kerja sama perdagangan, Putu mengungkapkan bahwa delegasi INTA perlu mengetahui lebih banyak tentang Indonesia, terutama dalam sektor kebudayaan dan pariwisata.

“BKSAP DPR RI selalu meyakinkan Uni Eropa bahwa produk-produk Indonesia, terutama sawit, telah diterapkan dengan memperhatikan aspek keberlanjutan dan konsep ekonomi hijau,” kata Supadma Rudana. Oleh karena itu, niat kerja sama tersebut disambut baik oleh Uni Eropa, sambungnya.

Delegasi INTA juga mengunjungi Komisi VI DPR yang bertanggung jawab atas perdagangan dan investasi, dengan fokus pada pemahaman lebih lanjut mengenai bagaimana produk dari kedua negara dapat masuk ke negara masing-masing.

Supadma Rudana menjelaskan bahwa pasar Uni Eropa memiliki potensi besar dengan populasi sekitar 450 juta penduduk, sementara ASEAN memiliki lebih dari 600 juta penduduk. Oleh karena itu, kerja sama ini merupakan momentum yang baik untuk mempromosikan potensi kedua kawasan.

Selama kunjungan, Supadma Rudana memimpin delegasi INTA untuk mengunjungi berbagai ruangan di kompleks Parlemen, termasuk Museum DPR RI dan Ruang Rapat Paripurna di Gedung Nusantara DPR RI. Delegasi tersebut mengapresiasi gedung-gedung tersebut sebagai bangunan bersejarah. Putu berharap hubungan antara kedua negara akan semakin baik di masa depan, sehingga dapat memberikan kesejahteraan bagi kedua bangsa dan masyarakat di Indonesia maupun Uni Eropa.

Delegasi INTA yang hadir meliputi H.E. Mr Vincent Piket-Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam; Hon. Mr Bernd Lange-Ketua Komite Perdagangan Internasional (INTA) European Parliament; Hon. Ms Heidi Hautala -Wakil Presiden European Parliament; INTA Rapporteur for ASEAN Countries; Hon. Ms Marie-Pierre Vedrenne -Anggota Komite INTA.

Selain itu, hadir juga Mr Thierry Mariani-Anggota Komite INTA; Mr Jan Zahradil-Anggota Komite INTA; Mr Helmut Scholz-Anggota Komite INTA; Mr Martti Kalaus -Sekretariat INTA; Mr Gabriel Alvarez Recarte-Sekretariat INTA; Ms Marika Jakas-Kepala Bagian Perdagangan dan Ekonomi Delegasi EU Jakarta; Mr Antoine Ripoll-Sekretariat European Parliament.

Selanjutnya, hadir juga Ms Marta Ruiz Carnes-Penasihat

Politik INTA; Ms Ursa Pondelek-Penasihat Politik INTA; Ms Elisa Aonzo-Penasihat Politik INTA; Ms Maria Cecilia Olivet-Penasihat Politik INTA; Mr Joko Raharjo-Pejabat Perdagangan Delegasi EU Jakarta; Mr Markus Bonorianto-Pejabat Perdagangan Delegasi EU Jakarta; Ms Stephanie Lange -Penerjemah (Bahasa Prancis); Ms Lucie Langevin-Penerjemah (Bahasa Prancis); Ms Nadaa Jauza -Praktikan Delegasi EU Jakarta. (*/van)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *