BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Tokoh Puri se-Bali Kompak Dukung Pembangunan Bali Utara

Tokoh Puri dan Kerajaan se-Bali dukung pembangunan Bandara Bali Utara. (Foto/nan).
Tokoh Puri dan Kerajaan se-Bali dukung pembangunan Bandara Bali Utara. (Foto/nan).
banner 120x600

GIANYAR (terasbalinews.com). Sejumlah tokoh Puri dan Kerajaan Bali mendukung penuh pembangunan Bandara Internasional Bali Utara di pesisir Kubutambahan, Buleleng, Bali, untuk pemerataan pembangunan.

Hal tersebut disampaikan saat pertemuan antar tokoh puri dan kerajaan se-Bali di Puri Ageng Blahbatuh, Gianyar, Selasa (21/5/2024).

Mereka yang hadir seperti Raja Klungkung Ida Dalem Semara Putra, tokoh Puri Agung Peliatan Ida Cokorda Gde Putra Nindya, tokoh Puri Agung Blahbatuh Anak Agung Ngurah Kakarsana.

Kemudian tokoh Puri Anyar Kerambitan Anak Agung Ngurah Bagus Erawan, tokoh Puri Anom Tabanan Anak Agung Ngurah Panji Astika, tokoh Puri Anyar Tabanan Anak Agung Ngurah Agung Juliartawa, serta tokoh Puri Agung Singaraja Anak Agung Ngurah Ugrasena.

Hadir pula perwakilan 13 kepala desa, kelompok nelayan, Kelian Adat, dan Pengempon Pura Penyusuhan, dari masyarakat desa adat.

Ketua Majelis tokoh Puri Agung seluruh Bali sekaligus Raja Klungkung Ida Dalem Semara Putra menjelaskan, Bandara Bali Utara merupakan kebutuhan untuk pemerataan pembangunan di Bali,

“Bandara Bali Utara banyak manfaatnya. Sebagai orang Bali saya mendukung pembangunan tersebut,” katanya.

Oleh karena itu, para tokoh Puri mendukung penuh upaya PT BIBU Panji Sakti untuk membangun Bandara Bali Utara.

Menurut Semara Putra, pembangunan bandara bakal mengurangi angka pengangguran, memperbaiki infrastruktur, dan sembukaan sentra ekonomi baru dan lainnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT BIBU Panji Sakti, Erwanto Sad Adiatmoko mengatakan, Pembangunan Bandara Bali Utara tinggal menunggu eksekusi saja setelah mendapat rekomendasi dari Kementerian.

“Kami akan eksekusi ini sebelum tahun 2026. Artinya kita memiliki waktu dua tahun. Secara teknis dua tahun kita membangun dalam satu runway. Desain kami dua lantai dan insya Allah, tahun 2026, sudah bisa berbagi tugas dengan Bandara Ngurah Rai,” katanya.

Erwanto menjelaskan, pihaknya menargetkan pembangunan Bandara Bali Utara rampung dikerjakan pada Oktober 2026, dengan waktu pengerjaan 18 bulan di atas areal seluas 900 hektare.

Pembangunan tersebut akan membuka lapangan sebanyak 200 ribu pekerja baik di bandara maupun tempat-tempat penyangga bandara.

Terlebih, kata Erwanto, dalam konsep bandara akan ada Aerocity atau kota bandara, Aeropolis hingga Baliwood yang akan menjadi pusat film dunia.

Total dana yang diperlukan dalam pembangunan Bandara Bali Utara adalah Rp50 triliun dengan estimasi Rp17 triliun untuk membangun bandara, dan sisanya untuk pembangunan kawasan hub bandara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *