BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Waktu Terbaik untuk Tidur dan Bangun Menurut Ayurveda

002
Ilustrasi orang yang sedang tidur (foto/iStock)
banner 120x600

Salah satu indikator manusia dikatakan sehat adalah memiliki pola tidur yang teratur dengan baik. Banyak dari kita yang tidur hanya sekadar tidur, dan bangun hanya sekadar bangun, tanpa memikirkan lebih lanjut waktu terbaik untuk tidur dan bangun setiap harinya.

Melansir akun Instagram Mood Jakarta, tidur sebelum jam 10 malam dan bangun sebelum matahari terbit adalah waktu terbaik untuk melakukan kedua kegiatan tersebut. Hal ini didasarkan dengan Ayurveda, salah satu ilmu pengobatan klasik yang telah dipercaya masyarakat Hindu di dunia.

Apa alasannya? Menurut Ayurveeda, manusia, sebagai bagian dari mikrokosmos, digolongkan menjadi tiga bagian energi kehidupan yang dikenal sebagai dosha. Dosha dibagi menjadi kapha, pitta, dan vata. Ketiga bagian energi kehidupan ini memiliki karakter masing-masing.

Kapha memiliki karakter lamban, berat, lembut dan stabil, pitta memiliki karakter panas, ringan, dan intens, dan vata memiliki karakter dingin, kering, kasar, dan bergerak.

Pembagian energi kehidupan ini juga ada dalam pembagian waktu menurut Ayurveda. Kapha berada pada pukul 6 hingga 10 pagi dan malam, Pitta berada pada jam 10 hingga 2 siang dan malam, dan Vata berada pada jam 2 hingga 6 pagi dan sore.

Jam 6 hingga 10 malam adalah waktu kapha. Sesuai dengan karakternya yang lamban dan berat, waktu ini sangat menunjang untuk tidur. Lewat dari jam 10 malam hingga jam 2 dini hari, waktu telah memasuki waktu pitta. Energi pitta memberikan seseorang menjadi produktif.

Bangun pada waktu vata, jam 2 dini hari hingga jam 6 pagi, adalah waktu yang cocok untuk bangun. Pada rentang waktu ini, kita dapat mengisi kegiatan dengan berrdoa, berolahraga, atau memulai aktivitas fisik lainnya. Waktu berenergi vata, sebelum matahari terbit, adalah waktu yang cocok untuk memulai kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *