BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Bank BPD Bali Fokus Pembiayaan, Pacu Penyaluran Kredit UMKM di 2023

Dirut Bank BPD Bali, Nyoman Sudharma. (foto/tbn)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Dirut Bank BPD Bali, Nyoman Sudharma mengatakan bank milik krama Bali ini kian fokus mendukung perkembangan UMKM. Bank BPD Bali terus  bersinergi dan berkesinambungan bersama UMKM lewat pasar rakyat yang digelar di seluruh kabupaten/kota di Pulau Dewata.

“Kami terus berupaya mendorong kemajuan para pelaku UMKM. Selain lewat KUR, kami pada 2023 juga meluncurkan kredit program Kusuma (Kredit Usaha untuk Sejahtera Unggul dan Maju) yang diperuntukkan untuk debitur KUR kecil yang tidak dapat memperoleh KUR kembali dan selanjutnya diprospek menjadi debitur kredit komersial dengan plafon kredit menyesuaikan dengan kemampuan membayar (repaymen capacity) debitur,” jelasnya di sela-sela family gathering serangkaian HUT Bank BPD ke 61 tahun, Sabtu (10/6/2023).

Bank BPD Bali terus memacu penyaluran kredit UMKM di 2023 ini. Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi fokus bank di Bali untuk mendorong UMKM di daerah ini dapat berkembang, serta dalam upaya memperkuat pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Bank BPD Bali mencatat realisasi penyaluran KUR di Bali hingga awal Juni 2023 sudah tembus 50 persen lebih dari target KUR 2023.

“Target KUR BPD Bali pada 2023 mencapai Rp 1,6 triliun dan pada minggu lalu realisasi KUR ke UMKM sudah 50 persen lebih,” katanya.

Ia pun mengungkapkan pada 2023 ini bank juga fokus kepada Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) minimal 46 persen. Itu berkaitan ketentuan Bank Indonesia mewujudkan peningkatan akses pembiayaan dan pengembangan bagi UMKM di mana target pembiayaan UMKM 30 persen pada 2024.

“Selain KUR dan RPIM, kami juga fokus ke simpanan pelajar, digitalisasi UMKM, perluasan pengguna QRIS baik yang menggunakan mobile banking maupun download balipay,” ucapnya.

Serangkaian acara menyambut HUT telah dilaksanakan di seluruh cabang Bank BPD Bali, ia menerangkan, kegiatan eskternal maupun internal telah dilaksanakan dengan konsep Tri Hita Karana.

Pelaksana Tugas Komisaris Utama BPD Bali, Wisnu Bawa Temaja mengharapkan, BPD Bali ke depannya lebih maju dan target yang telah disiapkan bisa terlampaui. Inovasi-inovasi terus dikembangkan seiring era digitalisasi. “Setelah QRIS Cross-Border dan inovasi BaliPay, ke depannya bank perlu memacu lagi dengan inovasi-inovasi lainya, termasuk dukungan terhadap UMKM di Bali,” ujarnya.

Ketua Panitia Acarayang juga Kadiv Umum dan Kesekertariatan BPD Bali, Ida Bagus Gede Ary Wijaya Guntur mengatakan, 40 lebih UMKM binaan BPD Bali terlibat dalam kegiatan family gathering kali ini, baik itu UMKM makanan dan industri kerajinan (tenun dan endek). (yak)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *