BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Cegah Kebocoran Pajak dan Retribusi, KPK RI Berkunjung Ke Nusa Penida

Satgas KPK saat berkunjung ke Pemkab Klungkung. (foto/ist)
banner 120x600

KLUNGKUNG (terasbalinews.com). Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima kunjungan kerja rombongan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK ) Republik Indonesia diruang rapat Kantor Bupati Klungkung, Jumat (13/10/2023). Kehadiran rombongan KPK yang dipimpin oleh Kasatgas KPK, Nurul Ichsan ini turut disambut oleh Sekertaris Daerah Anak Agung Gde Lesmana, Kepala Inspektorat, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kabupaten Klungkung serta Kepala Bank BPD Bali Cabang Klungkung.

Pertemuan ini dalam rangka penyampaian masukan hasil dari pemantauan lapangan lokasi pemanfaatan elektronifikasi/ digitalisasi pendapatan pajak (PHR) dan retribusi (enterance gate) serta pemantauan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah Kecamatan Nusa Penida. Sehingga potensi kebocoran Dari retribusi dan pajak bisa diminimalkan.

Sebelumnya rombongan KPK ini telah melakukan monitoring ke Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Banjar Nyuh, untuk memantau dan mengamati sistem pemungutan retribusi wisatawan. Serta mengunjungi langsung beberapa usaha wajib pajak seperti hotel dan restauran.

Kasatgas KPK, Nurul Ichsan mengatakan aplikasi pemungutan pajak hotel dan restaurant didorong supaya lebih akurat dan lebih mudah dalam melakukan pengawasan.

“Koordinasi antara Pemda dan BPD Bali selaku pihak pemungut dan penampung pajak dari para wajib pajak supaya lebih ditingkatkan, jika diperlukan penambahan mesin agar segera dilakukan,” ucap Ichsan.

Terkait pengelolaan pelabuhan Sampalan Nusa Penida, Kasatgas KPK, Nurul Ichsan menyarankan jika Pemda merasa mampu dalam pengelolaan segera memohonkan kepada pihak BPTD selaku pengelola pelabuhan saat ini. Dengan demikian pengawas kinerja dan perawatan fisik pelabuhan akan lebih cepat dan mudah dilakukan. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *