BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Cegah Stunting, Dies Natalis FK Unair Ke 69 Surabaya Gelar Pengabdian Masyarakat di Desa Suana, Nusa Penida

Para alumnus FK Unair bersama masyarakat Nusa Penida, Klungkung. (foto/ist)
banner 120x600

SEMARAPURA (terasbalinews.com). Serangkaian Dies Natalis FK Universitas Airlangga (Unair) Surabaya yang ke 69, sebanyak 23 orang alumnusnya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggelar pendampingan sosialisasi dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menekan  stunting di Desa Suana,Nusa Penida,Klungkung, Sabtu (28/10/2023).

Hadir pada kesempatan itu Pimpinan rombongan alumni FK Unair ProfProf. Dr. Yulianto Lystiawan, dr.SpDVE (K), Camat Nusa Penida Kadek Yoga Kesuma SSTP.,MAP., Pj Perbekel Suana Nyoman Suarta, Kadiskes Klungkung yang diwakili Kabid Kesehatan masyarakat Diskes Klungkung Ni Luh Made Ariyati, Kepala Puskesmas NP 1.

Pada kesempatan itu Ketua Kordinator Tim Alumni FK Unair Prof. Dr. Yulianto Lystiawan, dr.SpDVE (K) menyatakan kedatangan para alumni bertepatan dengan dies natalis yang ke 69 FK Unair Surabaya melaksanakan bakti sosial pengabdian masyarakat untuk membantu sosialisasi penurunan kasus Stunting di Desa Suana, Kabupaten Klungkung.

Dirinya berharap dengan kegiatan ini penanganan kasus stunting bisa dilakukan dengan maksimal. Karena untuk menangani stunting tersebut tidaklah semudah seperti membalikkan telapak tangan. Program pengabdian masyarakat penanganan kasus stunting ini adalah langkah pencegahan yang sudah seharusnya dilakukan kepada pasangan yang akan segera menikah.

Selain pasangan pra nikah, ibu hamil, ibu yang sudah melahirkan serta bayi pun harus mendapat audit stunting tersebut agar bayi mereka mendapat asupan gizi yang lengkap dan tepat sehingga bayi tersebut mampu terhindar dari bahaya stunting.

Plt Kadis Kesehatan Klungkung Dr. Ida Ayu Megawati yang diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Ni Luh Made Ariyati, ST., M.Kes., dalam keterangannya menyatakan, kegiatan penuntasan kasus stunting di Kabupaten Klungkung Tahun 2023 bertujuan untuk penuntasan kasus yang berhubungan dengan penanganan stunting.

Lebih jauh Ni Luh Made Ariyati menambahkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi kegiatan bakti sosial penanganan stunting yang dilakukan alumnus FK Unair yang mengambil lokasi di Desa Suana ini.

“Kita berharap dengan kegiatan ini bisa mempercepat penanganan kasus stunting di Provinsi Bali khususnya di Kabupaten Klungkung ini bisa menurunkan persoalan stunting ini kedepan,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah pasangan pra nikah, ibu hamil, ibu nivas, dan bayi yang usianya dibawah 2 tahun. Setelah melakukan audit permasalahan-permasalahan yang ditemukan dilapangan selanjutanya akan dibahas oleh tim ahli dibidang kasus stunting .

Camat Nusa Penida Kadek Yoga Kesuma pada kesempatan itu menyatakan rasa terima kasihnya pada alumnus FK Unair yang menyempatkan diri menggelar kegiatan bakti sosial penanganan stunting di Desa Suana, Nusa Penida.

“Wilayah kami Nusa Penida dengan segala keterbatasannya dan terimakasih dengan program dari alumnus FK Unair melakulan sosialisasi kasus stunting karena ini termasuk penanganan kasus yang sifatnya nasional,” ujarnya.

Sementara itu Pj Perbekel Desa Suana Nyoman Suarta menyatakan sebelumnya jumlah penderita stunting ada sekitar 37 anak dari bulan Agustus 2022 dan Up Date data terakhir Agustus 2023 bisa menurun menjadi 16 anak.

“Saya berharap kedepan bisa menurunkan kasus stunting di Desa Suana dengan bersinergi dengan bidan desa sampai kasus stunting tuntas,” ujarnya.

Dibantu TPK Tim Pendamping Keluarga dan Kader posyandu dengan melakukan pendampingan terhadap kasus stunting dengan pemberian asupan gizi yang cukup dan seimbang.

Memberikan pendampingan tentang prefentif dan edukatif tentang stunting makanya perlu penyuluhan dan pemahaman agar kasus stunting bisa ditekan.

Menurutnya jumlah penduduk Suana saat ini ada 4590 orang,sedangkan penduduk laki laki 2309 orang sementara penduduk perempuan ada 2281 orang. Demografi Desa Suana termasuk Desa pesisir ada 4 dusun diantaranya Dusun Karangsari, Dusun Celagilandan, Dusun Semaya dan Dusun Kelemahan.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan oleh para ahli penanganan kasus stunting dari alumnus FK Unair secara bergilir memberikan pemahaman terkait kasus stunting tersebut  mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

Sebagai penutup  kegiatan dilaksanakan pemberian bingkisan dan penghargaan dari para alumnus FK Unair kepada tokoh masyarakat Nusa Penida dan Klungkung. (oni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *