BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Kontes Nasional Sansevieria 2018 – Ajang Edukasi Masyarakat Pecinta Tanaman

banner 120x600

JAKARTA – Komunitas Sansevieria Indonesia (Indonesia Sansevieria Community – ISC) menggelar Kontes Nasional Sansevieria 2018 dengan tema “Satu Hati Satu Hobi, Sansevieria Tetap Jaya” yang berlokasi di Lapangan Banteng, Senin (3/9/2018). Acara ini menjadi salah satu bagian penting dari kegiatan Pameran Flora & Fauna 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Kehutanan Provinsi DKI selama satu bulan, tepatnya sejak tanggal 10 Agustus – 10 September 2018.

Foto – Lien Said saat menyerahkan trophy penghargaan kepada salah seorang peserta.

Pelaksanaan acara Kontes Nasional Sansevieria 2018 ini mendukung tema Pameran Flona 2018 yakni, Synergreen atau singkatan dari Synergy Energy Greenery.

“Setelah tiga tahun kami vakum atau tidak melaksanakan kegiatan serupa, sejak tahun 2015 tepatnya. Tahun ini kami menjawab doa dan harapan dari teman-teman pencinta tanaman Sansevieria yang tersebar di seluruh Indonesia dengan melaksanakan Kontes Nasional Sansevieria 2018 ini,” Ujar Andro Yunus selaku Ketua Pelaksana kegiatan Kontes Nasionasl Sansevieria 2018.

Disebutkan, dukungan dari berbagai daerah yang membuat kegiatan ini bisa terlaksana dengan meriah. Ini bukan cuma ajang kompetisi, tapi lebih dalam yakni ajang temu kangen, diskusi, berbagi pengalaman dan ilmu baru terkait tanaman Sansevieria.

Foto – Lien Said diantara para partisipan kontes tanaman.

Bukan hanya kebetulan banyak orang yang mencintai tanaman sansevieria, tapi karena mereka sudah mengetahui kelebihan dari tanaman lidah mertua ini, ucap Lien Said selaku Pembina teknis acara Kontes Nasional Sansevieria 2018.

“Lembaga Antariksa Amerika NASA meneliti tanaman ini selama 25 tahun dan merilis hasilnya bahwa Sansevieria merupakan tanaman hias penyerap polutan paling efektif. Keistimewaan lain tanaman ini adalah mengeluarkan oksifen setiap saat sehingga menjadi satu-satunya tumbuhan yang aman berada di ruang tidur,” sebut penasehat yang masih terlihat energik ini.

Foto – Supporting program.

Sebanyak 130 tanaman peserta Kontes Nasional Sansevieria 2018 yang pemiliknya hadir dari berbagai kalangan, baik dari pedagang, hobiis, kolektor, ataupun petani. Pada tahun ini terdapat 13 kategori kelas yang dikompetisikan antara lain; kelas Utama Majemuk, kelas Round Leaf (<25cm), kelas Madya Flat Leaf (<25cm), kelas Hybrid Utama, kelas Hybrid Madya Round Leaf (<25cm), kelas Hybrid Madya Flat Leaf (<25cm), kelas Hybrid Small, kelas Variegata Small A (<10cm), kelas Variegata Small B (<15cm), kelas Variegata Aurea, kelas Variegata Utama, kelas Variegata Round Leaf (<25cm), dan kelas Variegata Madya Flat Leaf (<25cm).
“Dari kategori kelas kontes kali ini saja bisa memperlihatkan betapa banyak jenis tanaman ini, hybrid maksudnya adalah hasil silangan (dan hybrid dari Indonesia sekarang menjadi incaran pencinta Sansevieria dari manca negara) variegata ini merujuk pada tanaman yang mempunyai kelainan warna, dan ini menambahkan keunikannya,” imbuh Lien Said.

Berkecimpung di tanaman Sansevieria ini banyak manfaatnya, bukan hanya turut aktif mendorong perekonomian di Indonesia, tapi juga hal mendasar seperti kesehatan diri dan juga semakin kaya batin karena kami semakin banyak keluarga, disetiap daerah di Indonesia yang kami kunjungi, pasti ada saudara kami para pencinta tanaman Sansevieria. Sebenarnya bukan Cuma di Indonesia, mereka tersebar di manca negara, seperti Thailand, Filipina, Korea, Amerika Serikat, Kanada, dll. Kita akan saling mengunjungi ketika ada acara kontes seperti ini,” tutup Lien Said.(red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *