Nusra  

Layanan Kunjungan WBP di Rutan Larantuka Kembali Dibuka

kunjungan WBP
DIBUKA-Beberapa WBP pada Rutan Larantuka tampak riang saat dikunjungi sanak keluarga mereka pasca Layanan Kunjungan tersebut kembali dibuka per 5 Juli 2022.Foto/Emnir

FLORES TIMUR-Terasbalinews.com|Ditutup dua tahun akibat pendemi Covid-19, layanan kunjungan keluarga dan Pembinaan dari pihak luar bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Rutan Kelas IIB Larantuka, Kabupaten Flores Timur akhirnya kembali dibuka.Walau dengan pembatasan, namun dibukanya akses bersua-tatap itu sangat disambut baik WBP dan keluarga.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (12/7/2022) Kepala Rutan Larantuka, Solichin, menjelaskan, pengaktifan kembali layanan kunjungan tatap muka (face to face)  itu sejalan dengan Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor PAS- 12.HH.01.02,tanggal 30 Juni 2022 tentang Penyesuaian Mekanisme Terhadap Pelayanan Kunjungan Secara Tatap Muka dan Pembinaan yang Melibatkan Pihak Luar.

Baca Juga :Upaya Bunuh Diri Seorang ASN di Sikka Digagalkan Keluarga

Baca Juga:  Jajaran Rutan Larantuka Ikut Pembukaan HDKD Ke-77 Secara Virtual

“Walau sudah dibuka sejak Selasa,5 Juli 2022 , namun jam besuk masih dibatasi. Kunjungan tatap muka ini terbatas hanya untuk keluarga inti WBP saja, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Para pengunjung yang datang harus sudah menerima vaksin tahap III, nanti akan dicek oleh petugas melalui aplikasi peduli lindungi. Bagi pengunjung yang belum menerima vaksin booster, wajib menunjukkan hasil Rapid Test Antigen Negatif.”terang Solichin.

Baca Juga :UBAD Inovatif Kampus Menuju “World Class University”

Lanjut Solichin, dengan memperhatikan kondisi ruangan kunjungan pada Rutan Larantuka yang tidak begitu besar, pihaknya pun mengatur jadwal kunjungan secara periodik.“Kami  telah mengatur jadwal, setiap WBP, mendapat jatah kunjungan maksimal 1 kali dalam seminggu. Hal tersebut dengan tujuan, menghindari terjadinya penumpukan pengunjung di ruang kunjungan ini,”tandasnya.

Baca Juga:  Upaya Bunuh Diri Seorang ASN di Sikka Digagalkan Keluarga

Untuk diketahui,sejak ditutup pada Maret 2020 lalu, pihak Rutan Larantuka pun mengatur layanan komunikasi antara para WBP dan keluarga, melalui layanan videocall. Dengan menggunakan perangkat yang disiapkan pihak Rutan, komunikasi antar WBP dan sanak keluarga mereka itu, terjadwalkan secara teratur.(emnir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.