BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Nataru 2024,  PLN Tambah EV Charging Station di Jalur Wisata Pulau Dewata

spklu, evi charging station, pln, pln bali, terasbalinews pln
Salah satu EV Charging yang dimiliki PLN. (foto/ist)
banner 120x600

DENPASAR (terasbaliews.com). Tumbuhnya jumlah pemilik kendaraan listrik di Bali membuat kebutuhan akan infrastruktur pendukung juga kian meningkat. Menanggapi fenomena ini, PT PLN (Persero) secara bertahap menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) atau electric vehicle (EV) charging station demi meningkatkan kenyamanan para pengguna kendaraan listrik khususnya di pulau Bali.

Data pemilik kendaraan listrik di Bali yang tercatat di Dinas Perhubungan Provinsi Bali hingga kuartal III tahun 2023 mencapai 4.047 unit dengan 86,5 persen didominasi oleh sepeda motor.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Wayan Udayana menjelaskan bahwa dominasi pemilik kendaraan listrik roda dua sudah selayaknya diikuti oleh infrastruktur yang memadai, oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk secara bertahap menambah jumlah EV charging station demi kenyamanan pengendara.

Sejak November hingga Desember 2023, PLN berhasil menambah jumlah 10 EV charging station sehingga kini total SPKLU di Bali mencapai 63 unit yang tersebar di 28 lokasi di Pulau Dewata ini.

“PLN menambah 7 EV charging station di seputaran Nusa Dua tepatnya di depan Hotel Kempinski yang menggenapkan penambahan dari November – Desember menjadi 10 unit EV standard charging berkapasitas 7,4 kilo watt (kW),” ujarnya, Jumat (22/12/2023). di Denpasar.

Udayana menyampaikan bahwa kendaraan listrik kini tak perlu ragu jika harus berkendara jauh, pasalnya EV charging station yang disediakan selain bertambah jumlahnya juga makin bervariasi jenisnya.

“SPKLU Ultra Fast Charging dengan kapasitas di atas 50 kilo watt (kW) di Bali ada 18 unit, Fast Charging yang kapasitasnya antara 22 kW sampai dengan 50 kW disediakan sejumlah 19 unit, untuk Medium Charging dan Standard Charging masing – masing berjumlah 9 unit dan 24 unit,” terang Udayana.

Dirinya berharap penambahan EV charging station diharapkan dapat memberikan kenyamanan khususnya jelang perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), serta mampu mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan listrik.

“Bagi pengunjung luar pulau Bali yang berencana berlibur di Bali pada libur Nataru mendatang, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan kendaraan listriknya, pastikan kecukupan daya listrik dengan merencanakan dan memperhatikan lokasi – lokasi EV charging station yang akan dilewati,” katanya.

Terakhir dirinya menyampaikan untuk mengecek lokasi EV charging station PLN melalui aplikasi PLN Mobile di menu kendaraan listrik. (*/yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *