BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

PQN 2023 Ditutup, Erwin: Bali Peringkat 3 Nasional Capaian Target QRIS

Penutupan Pekan QRIS Nasional (PQN) di Living World, Denpasar,Minggu (20/8/2023). (foto/tbn)
banner 120x600

DENPASAR (terasbalinews.com). Pekan QRIS Nasional (PQN) 2023, yang berlangsung dari tanggal 14 Agustus s.d 20 Agustus 2023 di areal pusat perbelanjaan Living World, Denpasar. PQN di Provinsi Bali mengusung tema “Harmoni Kemerdekaan Gebyar QRIS Merah Putih”, resmi ditutup oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, R. Erwin Soeriadimadja, Minggu (20/8/2023). Kegiatan ini dihadiri Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. atau biasa disebut Cok Ace, Anggota DPR RI Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE., MM, serta stake holder lainnya.

“Dilaksanakan PQN ini dalam rangka mendorong perluasan QRIS, baik dari sisi penggunaan, volume transaksi, dan penambahan merchant, serta dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat terkait perkembangan digitalisasi pembayaran, mendorong optimalisasi penggunaan QRIS,” ucap Erwin, sembari berharap, masyarakat bisa peduli dengan keamanan bertransaksi.

Pada kesempatan ini Erwin juga menyampaikan, Bank Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023, lalu juga telah mengeluarkan inovasi yakni “QRIS Tuntas”.

“Jadi nanti dengan diberlakukannya ‘QRIS Tuntas’ bapak ibu sekalian bisa melakukan transfer, tarik, setor tunai melalui ATM. Implementasinya paling cepat 1 September 2023,” ungkapnya.

Dengan semangat 45, Erwin mendorong tercapainya pengguna QRIS 45 juta secara nasional, tentu hal ini bisa diwujudkan bila terjadi akselerasi penggunaan QRIS di masyarakat.

“Kita melibatkan beberapa bank dan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP), yang tujuannya tak lain untuk terus mengedukasi penggunaan QRIS dan juga edukasi finansial kepada masyarakat,” ujarnya.

Erwin mengungkapkan dari target pengguna QRIS di Bali telah mencapai 55% dari 362 ribu pengguna atau sekitar 198 ribu pengguna. Sedangkan target transaksinya hingga tengah semester (Juni, red) telah mencapai 19, 4 juta atau 89% dari 21 juta.

“Harapannya hingga akhir tahun ini target itu bisa tercapai. Dan perlu saya sampaikan kini Bali menduduki peringkat tiga dari capaian target QRIS tersebut,” tukasnya.

Erwin menjelaskan dalam PQN di Provinsi Bali, berbagai kegiatan edukasi digelar seperti talk show, inovasi sistem pembayara, olahraga, serta kegiatan seni budaya.

“Antusias masyarakata cukup tinggi, sekitar lima ribu pengunjung meramaikan PQN kali ini,” sebut Erwin, sembari menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat dan stake holder terkait, yang merupakan kolaborasi yang apik dalam menuju “Bali Go Digital”. (yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *