BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

Realisasi PAD Jembrana Menggembirakan, Lampaui  Target Pada Triwulan I

whatsapp image 2023 04 13 at 08.36.03
Bupati Jembrana, I Nengah Tamba di rapat kinerja penerimaan dari  pajak  daerah Kabupaten Jembrana. (foto/ist)
banner 120x600

JEMBRANA (terasbalinews.com). Kinerja menggembirakan untuk realisasi pendapatan daerah dan pajak daerah di Kabupaten Jembrana. Melewati triwulan I ini ( januari – maret 2023  ), realisasi pendapatan asli daerah ( PAD ) dikabupaten Jembrana menembus target penerimaan. Dari data yang dihimpun BPKAD Jembrana, realisasi untuk pendapatan asli daerah  sebesar Rp 35.190.530.357. Angka itu melebihi dari target yang ditetapkan dikuartal pertama  sebesar Rp 23.897.774.332 atau telah surplus sebesar  Rp 11.292.756.025

Sedangkan jika dibandingkan dengan pencapaian kuartal yang sama tahun sebelumnya juga lebih besar ,saat itu tercapai  Rp 32.996.325.532

Realisasi yang sesuai harapan itu didukung dengan kinerja penerimaan dari  pajak  daerah  meliputi pajak hotel , Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Pajak Penerangan Jalan, pajak hiburan dan restaurant.

Kepala Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Jembrana,  I Komang Wiasa ditemui, Rabu (12/4/2023), mengatakan realisasi penerimaan pajak daerah pada triwulan I itu patut disyukuri. Guna menggenjot target penerimaan, pihaknya mengaku melaksanakan sejumlah  terobosan. Diantaranya penerapan  SDM atau satu desa satu mantri pajak yang bertugas memungut oajak daerah ditiap desa. Dengan demikian, akan lebih optimal menjangkau potensi potensi pajak dimasing masing desa

Kemudian dengan menerapkan pejabat pelopor bayar pajak, desa sadar hukum lunas bayar PBB. Selanjutnya, pihaknya juga melakukan system jemput bola untuk pembayaran pajak disemua bank maupun non bank.

Kendati demikian, pihaknya akan tetap bekerja maksimal agar target tahunan penerimaan daerah dari PAD bisa tercapai.

“Melalui pemantauan pelaporan wajib pajak , pendataan potensi baru untuk memastikan target tercapai,” terangnya.

Disisi lain Bupati Jembrana I Nengah Tamba  makin optimis terkait target jembrana emas 2026 yaitu sebesar Rp 1  Triliun. Salah satu kunci keberhasilan peningkatan PAD Jembrana khususnya bidang pariwisata adalah Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi dan pembangunan Taman Kerti Bali Semesta (TKBS) di Pekutatan.

Jika jalan tol KBS rampung nanti diprediksi akan menambah wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Jembrana. Lonjakan wisatawan dan investasi ini diyakini berimbas  akan meningkatnya pendapatan asli daerah ( PAD).

“Namun tentu juga kita siapkan mendukung pencapaian target itu. Mulai dari pencanangan desa mandiri bahagia, penguatan jaringan infrastruktur yang terkoneksi dan penerapan perijinan terintegrasi online. Selanjutnya, Peningkatan investasi berbasis Satu Data dan Smart City. Sehingga tiap tahun kita inginkan PAD tambah meningkat,” tutupnya. (*/gus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *