BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.

Warga Prancis-Rusia Diusir dari Bali gegara Kerap Bikin Onar

Imigrasi Singaraja deportasi WN Prancis dan Rusia karena keral berbuat onar. (Foto/ist)
Imigrasi Singaraja deportasi WN Prancis dan Rusia karena keral berbuat onar. (Foto/ist)
banner 120x600

BADUNG (terasbalinews.com). Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja mendeportasi dua warga negara asing (WNA) karena membuat keresahan di masyarakat. Mereka adalah FRP asal Prancis dan MD asal Rusia.

Kepala Kantor Imigrasi Singaraja Hendra Setiawan mengatakan penindakan FRP dan MD berawal dari laporan masyarakat yang masuk melalui kanal pengaduan Imigrasi Singaraja.

Mereka mengadu bahwa WN Prancis dan Rusia tersebut berbuat onar di lingkungannya. Tak hanya itu, mereka juga menyalahgunakan izin tinggal.

“Kami menerima laporan dari masyarakat mengenai adanya WNA yang sering berbuat onar serta diduga overstay dan menyalahgunakan izin tinggal,” kata Hendra, Rabu (11/7/2024).

Menanggapi laporan tersebut, Hendra menerjunkan timnya untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut dari pelapor serta pengecekan pada database keimigrasian.

“Setelah informasi dirasa cukup, kemudian berkoordinasi dengan tim pengawasan keimigrasian yang ditindaklanjuti dengan cepat dengan melakukan pengawasan keimigrasian ke lokasi WNA dimaksud,” terangnya.

Hendra menjelaskan, FRP diketahui masuk ke wilayah Indonesia dengan visa kunjungan. Ia diketahui telah overstay sejak 28 Agustus 2023.

Sementara, MD terbukti melakukan menyalahgunakan izin tinggal dengan melakukan kegiatan pengelolaan/manajemen salah satu penginapan di Buleleng.

Yang bersangkutan melanggar pasal Pasal 75 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

“Terhadap keduanya dikenakan Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) berupa deportasi dan namanya akan diusulkan masuk dalam daftar penangkalan,” tutur Hendra. (nan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *