BREAKING NEWS
PT. TERAS MEDIA SEJAHTERA (terasbalinews.com). AHU-0012026.AH.01.01.TAHUN 2023.
Aku Lapor Pajak

ARW Menyasar Masyarakat Blahbatuh, Gianyar Sosialisasikan Kebijakan OJK

whatsapp image 2024 05 06 at 21.47.46 (1)
Anggota Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, SE., MM., saat mensosialisasikan kebijakan OJK di Blahbatuh, Gianyar. (foto/tbn)
banner 120x600

GIANYAR (terasbalinews.com). Lembaga Kajian & Penelitian Peradah (LKPP) bersama Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) dan Otoritas Jasa Keuangan melaksanakan kegiatan Penyuluhan Jasa Keuangan Edukasi Masyarakat Door to Door di Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Minggu (5/5/2025). Dalam kegiatan ini ARW dan OJK mengingatkan masyarakat selalu waspada agar tak terjebak dan terjerat produk jasa keuangan ilegal karena akan sangat merugikan masyarakat itu

Agung Rai Wirajaya menyampaikan harus berhati-hati dalam meminjam uang maupun berinvenstasi, karena banyak perusahaan yang menawarkan hal tersebut tetapi ternyata ilegal, jangan sampai terjebak dengan iming-iming yang sebenarnya dapat merugikan dikemudian hari.

“Yang terpenting adalah pencegahan dari diri sendiri, masyarakat juga harus mencari tau bagaimana track record perusahaannya apakah legal dan logis. Legal apabila lembaga keuangan tersebut diawasi oleh OJK kemudian cek produknya dengan tawaran bunga sekian persen apakah logis atau tidak. Lebih lanjut untuk mengecek hal tersebut, bapak ibu bisa kontak OJK di 157 dan whatsapp di 081-157-157-157,” tegas ARW.

Yan Jimmy Hendrik Simarmata selaku Deputi Direktur Pengawasan LJK 2 OJK Provinsi Bali menyampaikan jangan tergiur dengan iming-iming investasi berbunga tinggi. Pastikan perusahaan investasi memiliki izin dari OJK dan tak hanya perusahaannya tetapi produk keuangan yang ditawarkan juga harus memiliki izin dari OJK.

“Salah satu ciri investasi bodong adalah menjanjikan suku bunga yang tinggi diatas rata-rata suku bunga penjaminan dari lembaga penjamin simpanan. Investasi bodong dapat menjanjikan keuntungan hingga di atas 10% per bulan, sedangkan suku bunga yang dijamin oleh LPS untuk deposito saat ini hanya 7,25% per tahun.” kata Jimmy.

Josaphat Fransiscus Kurniawan selaku Analis Eksekutif Direktorat Hubungan Kelembagaan OJK RI juga menambahkan bahwa masyarakat harus berhati-hati saat mengunduh aplikasi investasi atau pinjaman ilegal karena ada kemungkinan akses yang kita berikan dapat disalahgunakan.

Regulasi OJK hanya memberikan akses CAMILAN (Camera, Microphone, Location) utk aplikasi penyelenggara pendanaan, jangan berikan akses selain 3 hal tsb, jangan mengunduh aplikasi yang meminta akses lebih dari tiga hal tersebut. Biasanya aplikasi pinjol ilegal juga bisa meminta akses ke kontak dan galeri foto di smartphone bapak ibu,” jelas Kurniawan

Jika ingin mengecek perusahaan investasi atau pinjaman yang terdaftar di OJK bisa melalui telepon di nomor 157 atau bisa juga melalui WA dengan nomor 081157157157.

Kegiatan ini menyasar 500 orang di seputaran kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar secara door to door menjelaskan tentang kebijakan OJK dalam bentuk sosialisasi dan booklet. (yak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *