BI dan Kemenkeu Luncurkan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022

Bank INdonesia, uang kertas
UANG-Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia baru meluncurkan uang Rupiah kertas Tahun Emisi 2022.Foto/Ist

DENPASAR-Terasbalinews.com | Sehari usai perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan Republik Indonesia baru meluncurkan uang Rupiah kertas Tahun Emisi 2022 yang mulai diberlakukan di Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2022.

Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 di Bali secara resmi telah dilakukan dengan diawali melalui pemberian Token of Apreciation kepada Gubernur Bali di Gedung Gajah Jayasabha.

“Rupiah tidak hanya sebagai mata uang dan sebagai alat tukar atau pembayaran tetapi juga menceritakan narasi kebangsaan. Dalam rupiah menggambarkan keberagaman dan persatuan sebagai simbol kadaulatan yang patut kita hormati dan dibanggakan oleh segenap warga negara Indonesia,” ujar Kepala Kamtor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, Kamis (18/8) di Denpasar.

Baca Juga:  Gara-gara Ganja 20 Gram, Arel Dipenjara 5 Tahun

Peluncuran Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 merupakan wujud nyata Bank Indonesia dalam menjaga kualitas dan penyediaan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai di seluruh wilayah kesatuan Republik Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang No.7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Baca Juga :Terkait Kasus Kepailitan Hotel Sing Ken Ken, PT. Bank UOB, Sampai Kontraktor Digugat

Baca Juga :BI: Jelang Idul Fitri Bersama Perbankan Siapkan Penukaran Uang Pecahan Rp 4,4 Triliun

Baca Juga :BI Serahkan Dua Unit Mesin Olah Sampah Dukung “Bersih Indonesia” di Klungkung

“Berdasarkan hasil evaluasi dan masukan dari masyarakat dan stakeholders, Bank Indonesia melakukan inovasi penguatan di 3 aspek terhadap uang Rupiah kertas yang beredar saat ini, yaitu pada desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik,” kata Trisno Nugroho, seraya menambahkan, dengan inovasi penguatan tersebut, uang Rupiah kertas Tahun Emisi 2022 akan semakin mudah dikenali, semakin sulit dipalsukan dan semakin panjang masa edarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.